Intake Karang Intan Diresmikan, Mampu Pasok Air Lima Kabupaten/Kota - Kanal Kalimantan
Connect with us

HEADLINE

Intake Karang Intan Diresmikan, Mampu Pasok Air Lima Kabupaten/Kota

Diterbitkan

pada

Intake Air Baku SPAM Regional Banjarbakula dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Desa Mandikapau Barat Kecamatan Karang Intan. Foto : rendy

MARTAPURA, Memenuhi ketersediaan air baku dan pencapaian target Millenium Development Goals (MDGs), Pemkab Banjar resmikan pembangunan Intake Air Baku SPAM Regional Banjarbakula dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Desa Mandikapau Barat Kecamatan Karang Intan, Selasa (25/9).

“Sangat bersyukur dan berterimakasih kepada Kementrian PUPR atas dipilihnya Kabupaten Banjar sebagai lokasi SPAM Regional Banjarbakula, yang salah satunya di Bendungan Karang Intan Desa Mandikapau Barat Kecamatan Karang Intan,” ujar Bupati Banjar KH Khalilurrahman

Saat ini Pemkab Banjar sedang giat melaksanakan pembangunan untuk mewujudkan Kabupaten Banjar yang sejahtera dan barokah, dengan prioritas utama  pembangunan dan beberapa sektor lainnya. “Dengan diresmikannya intake ini dapat memenuhi ketersediaan air baku bagi pemenuhan sanitasi masyarakat,” ujarnya.

Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan II Dwi Purwantoro ST MT mengatakan, bangunan pelengkap Intake Air Baku SPAM Regional Banjarbakula mempunyai kapasitas sebesar 1.200 liter/detik, dan dapat mengairi untuk 1,2 juta orang yang meliputi lima kabupaten yang ada di Kalimantan Selatan.

“Adapun lima kabupaten dan kota yang akan merasakan dampak pemaksimalan penyaluran air bersih ini adalah Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru, Kabupaten Tanah Laut, Kota Banjarmasin dan Kabupaten Barito Kuala,” sebutnya.

Dijelaskannya, dengan adanya intake ini ketersediaan air baku akan selalu terjamin dan terpenuhi, karena selama ini kebutuhan air baku masih bergantung kepada pengairan irigasi Riam Kanan, jadi jika musim kemarau sangat dirasakan sekali dampaknya.

“Dengan adanya intake ini diharapkan dapat mengurangi keluhan masyarkat atas ketersediaan air bersih dan saya sampaikan terimakasih atas semua pihak yang terlibat dalam pembangunan Intake ini semerta mendukung, mudah-mudahan kerja kita akan membuahkan hasil dan bermanfaat bagi negara kita,” pungkasnya. (rendy)

Reporter: Rendy
Editor: Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan