Connect with us

Infografis Kanalkalimantan

Hari Perdamaian Internasional 2022 “Akhiri Rasialisme. Bangun Perdamaian”

Diterbitkan

pada

Hari Perdamaian Internasional. Grafis: rideka/kanalkalimantan

KANALKALIMANTAN.COM – Hari Perdamaian Internasional atau International Peace Day (Peace Day) 2022 akan diperingati di seluruh dunia pada tanggal 21 September. Hari ini dicetuskan pada tahun 1981 oleh resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Hari Perdamaian merupakan acara global bagi semua umat manusia untuk berkomitmen pada Perdamaian di atas semua perbedaan dan untuk berkontribusi dalam membangun Budaya Damai.

Majelis Umum PBB telah menyatakan hari ini sebagai hari yang didedikasikan untuk memperkuat cita-cita perdamaian, dengan menjalankan 24 jam non-kekerasan dan gencatan senjata.



 

 

Baca juga: Siapkan Generasi Mendatang Melalui Progeram 1 Desa 1 Masjid

Mencapai perdamaian sejati memerlukan lebih dari sekadar meletakkan senjata. Hal ini melibatkan penciptaan dunia di mana orang diperlakukan sama, terlepas dari ras mereka.

PBB mengangkat tema “End Racism. Build Peace.” atau “Akhiri Rasialisme. Bangun Perdamaian.”

“Rasialisme terus meracuni institusi, struktur sosial, dan kehidupan sehari-hari di setiap masyarakat dan menjadi pendorong ketidaksetaraan yang terus-menerus. Hal ini juga terus menyangkal hak asasi manusia yang mendasar bagi orang-orang. Rasialisme mengacaukan masyarakat, merusak demokrasi, mengikis legitimasi pemerintah, dan memperburuk ketidaksetaraan gender.”

Baca juga: Rumah Van Der Pijl Bukan Aset Daerah, Pemko Banjarbaru Tak Sanggup Membelinya

Konflik yang terus meletus di seluruh dunia, menyebabkan orang-orang melarikan diri dan mengungsi, dari sini tampak bagaimana diskriminasi berbasis ras terjadi di perbatasan. Karena Covid-19, bisa melihat bagaimana kelompok ras tertentu terdampak jauh lebih keras daripada yang lain.

PBB mengundang semua orang utnuk bergabung dengan upaya menuju dunia yang bebas dari rasialisme dan diskriminasi ras. Dunia di mana belas kasih dan empati mengatasi kecurigaan dan kebencian. (Kanalkalimantan.com/kk)

Reporter : kk
Editor : kk


iklan

Komentar

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->