Connect with us

HEADLINE

Bau Air Limbah Hotel di SDN 7 Antasan Besar, Ketua Komisi III: Sudah Lama, Pemko Lambat Tangani

Diterbitkan

pada

Ketua Komisi III DPRD Banjarmasin Hilyah Aulia. Foto: rizki

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASINKomisi III dan Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin meninjau SDN 7 Antasan Besar yang dikabarkan mengalami kerusakan dan adanya bau tak sedap akibat buangan air limbah hotel di samping sekolah tersebut, Kamis (11/8/2022) siang.

Cek langsung ke sekolah dilakukan Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin Saut Nathan Samosir dan Ketua Komisi III Hilyah Aulia bersama sejumlah anggota DPRD Banjarmasin. Ikut dalam peninjauan Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin.

Ketua Komisi III DPRD Banjarmasin Hilyah Aulia setelah meninjau ke lokasi membenarkan bahwa memang tercium bau yang sangat menyengat di sekitar sekolah tersebut.

“Sebenarnya ini sudah lama, tapi dari pihak pemerintah dan pihak hotel sangat lambat dalam menyelesaikan ini,” katanya.



 

 

Air limbah di SDN 7 Antasan Besar, Kecamatan Banjarmasin Tengah, diduga berasal dari salah satu hotel yang berdampingan dengan sekolah. Foto: rizki

Baca juga : Dewan Soroti Bau Tidak Sedap dan Kerusakan Bangunan di SDN 7 Antasan Besar

Hilyah juga mengatakan bahwa dirinya langsung meminta Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin agar mendesak pihak hotel untuk memindahkan septic tank yang berada tepat di belakang ruang kelas sekolah tersebut.

“Tadi saya minta kepada DLH untuk secepatnya dan memberikan deadline tanggalnya kepada pihak hotel untuk memindahkan septic tank dan menyelesaikan mengenai air limbah ini,” katanya.

Semenyara itu, Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin Saut Nathan Samosir mengatakan bahwa pihaknya akan segera melakukan tindak lanjut setelah peninjauan ini dengan melaksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) antar Komisi untuk menyelesaikan masalah tersebut.

“Kita segera akan melakukan rapat lintas Komisi, supaya nanti ketika sekolah ini dibangun tidak ada lagi masalah lain,” katanya.

 

 

Ketua Komisi IV DPRD Banjarmasin Saut Nathan Samosir. Foto : rizki

Baca juga  : Pencemaran Sungai Alalak, Timbul Gumpalan Cairan Hitam dan Bau Menyengat!

Pada kunjungan ke SDN 7 tersebut juga dihadiri dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin. Koordinasi di lapangan, Anggota Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin Sukrowardi sempat memberikan masukan kepada DLH Kota Banjarmasin untuk memberikan sanksi kepada pihak hotel jika terbukti bau menyengat dan limbah air tersebut memang berasal dari hotel yang terletak di samping sekolah

“DLH kalau sudah mendeteksi hasil airnya memang hasil dari pencemaran hotel tersebut, maka DLH kalau bisa dihentikan operasinya,” katanya.

Sementara itu, Kepala sekolah SDN 7 Antasan Besar yang baru menjabat kurang lebih 4 bulan kaget dengan kondisi sekolah yang sebelumnya berstandar nasional.

“Awalnya saya kaget dengan kondisi sekolah yang berstandar nasional dan berlabel sekolah favorit dengan kondisi yang rusak seperti ini sejak tahun 2018,” katanya. (Kanalkalimantan.com/rizki)

Reporter : rizki
Editor : bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->