Connect with us

Kabupaten Banjar

Ayo, Borong Gula Cair hingga Masker Susu Kambing Etawa dari Kecamatan Mataraman!

Diterbitkan

pada

Berbagai produk unggulan yang dihasilkan Kecamatan Mataraman Foto : rendy

MARTAPURA, Turut berpartisipasi dalam Bursa Inovasi Desa se Kabupaten Banjar yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Banjar, Badan usaha milik desa (Bumdes) dari Kecamatan Mataraman Pamer berbagai produk inovasi desa, Rabu (14/11).

Menurut Camat Mataraman Rubaini, dari 15 Bumdes yang ada di 15 Desa yang di Kecamatan Mataraman pada kesempatan acara Bursa Inovasi Desa se Kabupaten Banjar, pihaknya membawa berbagai produk inovasi olahan dari bidang kewirausahaan dari dua desa yakni Desa Pematang Danau dan Desa Mangkalawat.

“Adapun berbagai produk unggulan yang kita hadirkan dalam stand Bumdes dari Kecamatan Mataraman ini seperti olahan dari susu kambing seperti susu siap minum cair dan bubuk hingga masker susu kambing, yang berasal dari kelompok lebah madu Desa Pematang Danau, hingga gula cair dari Bumdes Harapan Maju Desa Mangkalawat,” jelasnya.

Lebih jauh sambil memperlihatkan produk unggulannya gula cair dari Desa Mangkalawat Rubaini menjelaskan, pada umumnya gula merah di buat dalam bentuk yang padat. Dengan merubah bentuk gula merah padat kedalam gula merah cair , peluang pasar menjadi lebih luas dan menarik minat konsumen secara luas.

Sementara adapun keunggulannya gula merah cair ini sangat mudah diolah. Proses pengolahan sama dengan membuat gula merah padat, akan tetapi gula merah cair tidak memerlukan proses yang lama. Sementara gula merah cair juga dapat digunakan untuk topping, selai roti, penambah rasa manis alami pada kue dan minuman, dan sebagainya.

“Desa Mangkalawat memiliki potensi yang cukup menjanjikan untuk bisa di kembangkan, yaitu berupa kebun pohon enau. sari enau yang dihasilkan dapat di manfaatkan untuk pengolahan gula merah cair,” ujarnya


Adapun untuk produk unggulan lainnya ada Maker susu Kambing Etawa yang merupakan salah satu potensi desa Pematang Danau berupa peternakan kambing etawa. Peternakan kambing etawa merupakan salah satu pemanfaatan potensi yang dapat bernilai tinggi dan memberikan peluang kerja untuk masyarakat Desa.

Produk yang dihasilkan akan mampu menyerap tenaga kerja baik dari proses pengolahan sampai kepada proses pemasaran. Hal tersebut akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat serta memperkenalkan produk desa secara luas.

“Peternakan kambing etawa yang menjanjikan mendorong masyarakat desa Pematang Danau untuk memanfaatkan hal tersebut untuk dijadikan produk unggulan desa berupa MASKER SUSU KAMBING “MARASUKA”,” jelasnya.

Ditambahkan Rubaini dalam perkembangannya bumdes yang berada di Kecamatan Mataraman produk inovasinya sudah mampu bersaing dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Namun masih terkendala bahan baku dan peralatan sehingga pihaknya masih bekerjasama dengan Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Banjar baik dalam hal pengemasan produk itu sendiri.

“Produk unggulan kita sudah bisa bersaing, namun untuk pemasarannya hanya sebatas di Kalimantan Selatan mengingat keterbatasan bahan baku dan alat pembuatan produk, namun dalam perkembangannya akan terus kita tingkatkan lagi,” pungkasnya. (rendy)

Reporter : Rendy
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
-->