Connect with us

Ragam

Apel Besar Hari Santri di Ponpes Rakha, Ini Pesan KH Husin Nafarin

Diterbitkan

pada

Ribuan santri dan para pengasuh Ponpes Rakha Amuntai, Kabupaten HSU memperingati Hari Santri Nasional, Sabtu (23/10/2021). Foto: dew

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Ribuan santri dan para pengasuh Pondok Pesantren Rasyidiah Khalidiyah (Ponpes Rakha) Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) memperingati Hari Santri Nasional dengan menggelar upacara.

Apel para santi dan kiyai ini sekaligus menutup kegiatan lomba Hari Santri Nasional ke-5 di halaman gedung Dr KH Idaham Chalid, Sabtu (23/10/2021).

Selain dihadiri para santri, kiyai dan ustadz, hadir Ketua Umum Dewan Pengurus Ponpes Rakha, KH Husin Naparin Lc MA, Ketua PWNU Kalsel sekaligus dewan pembina Ponpes Rakha KH Hasib Salim sebagai pembina upacara.

KH Husin Naparin Lc MA mengatakan, Hari Santri Nasional adalah hari raya kita, dan dirayakan dalam bentuk penghormatan pemerintah Republik Indonesia kepada para santri saat merebut dan mempertahankan kemerdekaan sebagai syahid.



 

 

Ribuan santri dan para pengasuh Ponpes Rakha Amuntai, Kabupaten HSU memperingati Hari Santri Nasional, Sabtu (23/10/2021). Foto: dew

Baca juga : Jalin Keakraban, PT SDO Jumpa Awak Media Kotabaru

“Para masyaikh, para habaib dan semua guru-guru kita, kita kenang mereka. Semoga arlmarhum mereka selalu dalam ketenangan dan ketentraman di dalam kuburnya, sehingga kita dapat berkumpul bersama mereka nantinya di dalam syurga-Nya,” ujar KH Husin Nafarin berdoa.

Melalui peringatan Hari Santri ini, ulama putra asli HSU yang tinggal di Banjarmasin ini berharap Ponpes Rakha dan pondok-pondok pesantren lainnya di Indonesia akan berjaya.

“Sukses menjalankan tugas membina manusia seutuhnya, di dalam membina akidah Ahlussunnah Waljamaah,” ucap KH Husin Nafarin.

Kepada para guru diharapkan dapat membimbing anak-anak santri di jalur yang benar, terutama untuk sholat fardhu lima waktu disempurnakan dengan sholat-sholat sunnah lainnya yang harus diutamakan.

 

Ribuan santri dan para pengasuh Ponpes Rakha Amuntai, Kabupaten HSU memperingati Hari Santri Nasional, Sabtu (23/10/2021). Foto: dew

Baca juga : Kabupaten Balangan Promosikan Produk Unggulan di Festival Budaya Pasar Terapung 2021

“Mudah-mudahan peringatan hari ini bermanfaat untuk memperkuat ibadah, akidah dan tahsinul akhlak yaitu untuk memperbaiki akhlak kita, bagaimana cara bergaul dengan sahabat, dengan guru dan bagaimana cara bergaul dengan siapapun.

Kita harus hormat kepada mereka,” pesan KH Husin Nafarin. Disamping pembacaan ikrar santri, di akhir upacara peringatan dilakukan penyerahan tropi dan piagam penghargaan kepada para pemenang lomba Hari Santri di Ponpes Rakha Amuntai.

Lomba yang dipertandingkan diantaranya Tahfiz Qur’an, Sarhil Qur’an, pidato bahasa Arab, pidato bahasa Inggris dan lain-lain. Juara umum memperebutkan piala bergilir Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Kalsel diraih oleh para santri Sekolah Tinggi Ilmu Al Qur’an (STIQ) Rakha Amuntai. (kanalkalimantan.com/dew)

Reporter : dew
Editor : bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->