Connect with us

Kabupaten Balangan

Kabupaten Balangan Promosikan Produk Unggulan di Festival Budaya Pasar Terapung 2021

Diterbitkan

pada

Stan Kabupaten Balangan di acara Festival Wisata Budaya Pasar Terapung di Banjarmasin. Foto: ist/humas

KANALKALIMANTAN, BANJARMASIN – Festival Wisata Budaya Pasar Terapung yang digelar oleh Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan di Siring Nol Kilometer Banjarmasin, Jumat (22/10/2021), menjadi ajang promosi Kabupaten Balangan.

Berbagai produk unggulan ditampilkan pada kegiatan tersebut, dari mulai hasil pertanian, produk olahan, kerajinan hingga wisata. Baik yang ditampilkan oleh dinas setempat maupun UMKM.

Bidang Promosi Pariwisata Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Balangan pada kesempatan itu menampilkan miniatur air terjun Batarius.



 

 

Baca juga: Waduh! Ketimpangan Vaksinasi Covid-19 Bisa Hambat Capaian Nasional

Bupati Balangan H Abdul Hadi, yang turut hadir menyambut baik kegiatan ini yang ditujukan sebagai promosi untuk memperkenalkan dan pengembangan pemasaran produk daerah.

“Beberapa waktu yang lalu kita sudah launching produk UMKM kita di Indomaret, kita lagi berupaya produk kita juga masuk ke retail-retail modern yang lain,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama H Abdul Hadi mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan MoU Izin Pemanfaatan Hutan perhutanan Sosial (IPHPS) dengan pemprov salah satunya untuk ekowisata di Kabupaten Balangan.

“Kabupaten Balangan sangat kaya sekali potensi sumber daya alam dibidang pariwisata salah satunya air terjun, ke depan akan kita gali untuk menjadi destinasi wajib wisata andalan Kalimantan Selatan,” lanjut Bupati.

Baca juga: Capaian Vaksinasi di Kalsel Rendah, Jokowi: Laporan Gubernur Kalsel Baru 33 Persen

“Harapan kita ke depan UMKM Balangan semakin maju dan produk-produknya dikenali dan digemari masyarakat Kalimantan Selatan dan Indonesia pada umumnya.” tutupnya

Sementara Hj Sri Huriyati, istri Bupati Balangan H Abdul Hadi, selaku Ketua Tim Penggerak PKK juga ketua Dekranasda Balangan, mengatakan, berbagai hasil produk UMKM yang dipamerkan antara lain madu asli dari hutan Meratus, Sirup khas Batumandi dan juga sasirangan.

“Banyak lagi produk yang kita bawa dari Kabupaten Balangan” jelasnya.

Berbagai camilan di antaranya juga ada kacang mandai yang diproduksi para UMKM, bahkan buah lokal yang di antaranya buah langka maritam juga dihadirkan di stan yang bertuliskan Balangan ini.

Baca juga: Maling BUMN Jiwasraya Simpan Aset di Kalsel, Kejagung Sita 40 Hektare Lahan di Gambut

Beberapa UMKM yang ikut Anita Permata, owner Kedai Anita sentra Oleh Oleh Balangan, mengaku bersyukur dapat langsung mempromosikan produknya di Festival Wisata Budaya Pasar Terapung.

“Pasar kami sudah seluruh Indonesia, bahkan madu asli ini produksi ratusan liter per tahun,” tukasnya.

Harapannya Kabupaten Balangan dapat selalu berpartisipasi mengikuti acara agar bisa mempromosikan produk-produknya.(Kanalkalimantan.com/Alp)

Reporter: Alp
Editor: cell


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->