Connect with us

Lifestyle

Cek! 5 Persiapan Maksimalkan Puasa Ramadhan

Diterbitkan

pada

Foto 1 : Istimewa

KANALKALIMANTAN.COM – Dalam setiap bulan ke-9 di kalender Hijriah, umat Islam akan merayakan yang namanya bulan Ramadhan. Di bulan suci penuh berkah ini, umat Islam akan berpuasa selama satu bulan penuh.

Melaksanakan ibadah di bulan ini juga membuat umat Islam mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Namun, sebelum menikmati euforia di bulan suci penuh berkah ini, ada baiknya melakukan persiapan ramadhan dengan tips-tips di bawah ini!

Foto 2 : Ricca Kanalkalimantan

Siapkan Diri Sambut Bulan Suci dengan Tips Berikut

Bulan Ramadhan adalah salah satu momen paling dinanti oleh umat Islam. Namun sebelum merayakannya, Anda juga harus mempersiapkan diri untuk menjalani ibadah puasa di bulan suci ini!

1. Membayar Utang Puasa Ramadhan Sebelumnya Jika Anda memiliki utang puasa dari bulan Ramadhan sebelumnya, Anda harus segera membayarnya sebelum datangnya bulan suci Ramadhan tahun ini. Biasanya, orang tidak bisa ikut berpuasa selama bulan Ramadhan karena berbagai sebab, mulai dari sakit atau karena terjadinya menstruasi pada wanita. Meskipun alasan pembatalan atau tidak ikut puasa tetap dibolehkan, tetapi Anda tentu tetap wajib menggantinya sebelum ikut puasa di bulan berikutnya.

 

Baca juga: Haru, Tahanan Polresta Banjarmasin Ini Dipertemukan dengan Jasad Istrinya untuk Terakhir Kali

2. Memperkuat Iman 
Memperkuat iman bisa dilakukan dengan cara melatih dan mengendalikan diri untuk menghindari kebiasaan buruk yang biasa dilakukan sehari-hari, baik disengaja maupun tidak disengaja. Kebiasaan buruk tersebut bisa meliputi merokok, bergosip, bermalas-malasan, melawan orang tua, hingga berbohong.

Bersiaplah untuk menghindari kebiasaan buruk tersebut sebelum Anda benar-benar merayakan momen suci tersebut. Selain menghindari kebiasaan buruk, Anda juga melatih kebiasaan baik seperti rajin salat 5 waktu atau melakukan aktivitas ibadah lain seperti membaca Al-Qur’an.

3. Mempersiapkan Fisik 
Meskipun Anda berpuasa dengan menahan nafsu lapar dan haus di bulan Ramadhan, Anda tetap harus menjalankan peran Anda sehari-hari. Anda yang sedang menempuh pendidikan masih harus tetap pergi ke institusi pendidikan masing-masing, begitu pula yang sudah memiliki karier masing-masing.

Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan fisik sebelum bulan Ramadhan agar puasa Anda bisa berjalan lancar. Untuk menjaga fisik tetap sehat, Anda bisa mengurangi kebiasaan buruk seperti terlalu banyak begadang, mengonsumsi makanan tidak sehat, dan kebiasaan tidak baik lainnya.

Anda juga bisa mulai melakukan diet sehat dan berolahraga rutin. Untuk mendampingi pola hidup sehat tersebut, Anda bisa mengkonsumsi multivitamin untuk semakin meningkatkan imun.meningkatnya imun akan mengecilkan kemungkinan Anda untuk sakit.

4. Mempersiapkan Jiwa dan Mental 
Selain menyiapkan fisik, Anda juga harus menyiapkan kondisi jiwa dan mental Anda agar makin fokus beribadah. Anda bisa memulainya dengan membersihkan hati dari iri dan dendam agar makin tulus dan terhindar dari rasa malas saat beribadah.

Anda harus bersungguh-sungguh bertobat dan meminta ampunan dari Allah SWT atas segala kesalahan dan kekhilafan yang pernah Anda lakukan, baik yang Anda sadari ataupun yang tidak Anda sadari.

Baca juga: Mahasiswa Minta Jokowi Cek Problem Kalsel, Tak Hanya Gunting Pita!

5. Mempersiapkan Kebutuhan Ramadhan 
Setelah mempersiapkan fisik dan mental, Anda bisa mulai menyiapkan kebutuhan keluarga selama Ramadhan. Biasanya, Anda akan banyak membutuhkan bahan makanan dan bahan dapur lainnya karena adanya kebiasaan takjil dan buka bersama di momen ini.

Anda bisa mendapatkan banyak kebutuhan dapur ini di berbagai gerai konvensional seperti supermarket, minimarket, hingga warung sebelah rumah. Namun, jika Anda cukup cemas dengan biaya yang tak sedikit yang harus Anda keluarkan di bulan ini, Anda bisa berbelanja di marketplace terpercaya seperti Blibli.

Di Blibli, Anda bisa berbelanja untuk mempersiapkan kebutuhan Ramadhan tanpa perlu cemas dengan harga karena Blibli selalu menawarkan promo di momen spesial, termasuk bulan Ramadhan di tahun ini dengan promo dari Ga Sabar Ramadhan. Anda tidak boleh melewatkan penawaran dari Blibli di promo ini karena Anda bisa mendapatkan diskon hingga 90%. Selain itu di Blibli juga ada promo “Ga Sabar Ramadhan” yang berlangsung dari tanggal 4 – 14 April 2023.

Anda yang masih sering pikir-pikir untuk berbelanja online karena cemas dengan ongkos kirim yang mahal pun bisa tenang berkat jaminan gratis ongkos kirim berkali-kali dari Blibli dan kecepatan pengirimannya yang tidak diragukan lagi. (kanalkalimantan/Rls)

Reporter: Rls 
Editor: Desy


iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->