Connect with us

Kabupaten Barito Kuala

407,4 Hektare Lahan Perkebunan Terdampak Banjir di Batola

Diterbitkan

pada

Foto : ist

KANALKALIMANTAN.COM,MARABAHAN – Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Barito Kuala mencatat seluar 407,4 Hektare lahan Perkebunan Rakyat sakit dan mengarah pada kematian paska banjir yang melanda Bumi Ije Jela dalam dua bulan terakhir. Tanaman kelapa sawit adalah jenis tanaman perkebunan yang paling terdampak dengan luas 230 Hektare lebih.

“Jenis tanaman perkebunan yang paling terdampak banjir saat itu adalah Kelapa sawit milik rakyat, ada yang sakit ada juga yang mengarah kematian, luasnya tidak tanggung tanggung hingga 230 hektare lebih,” kata Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Suwartono Santoso.

Sementara itu adapun sektor perkebunan milik warga yang terdampak ini tersebar di beberapa kecamatan dengan luas perkebunan terbesar yang ada di Batola seperti Kecamatan Mandastana, Kecamatan Rantau Badauh dan Kecamatan Cerbon.

Dari seluas 407,4 Hektare tanaman perkebunan yang terdampak banjir ini seluas 95,7 hektare merupakan tanaman karet, 81,2 hektare tanaman kelapa dan 230,5 hektare merupakan tanaman kelapa sawit rakyat.

Dalam pengajuan bantuan baik berupa bibit dan lain lain, Disbunak mengaku terkendala anggaran yang saat ini sangat terbatas. Sehingga Disbunak mengharapkan adanya bantuan baik berupa bibit maupun pendanaan untuk petani terdampak melalui APBD Provinsi yang mana selanjutnya dapat dibagikan kepada para petani terdampak. (kanalkalimantan.com/rdy)

 


iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->