Connect with us

Kota Banjarmasin

Warga Banjarmasin Mulai Nikmati Layanan Teman Bus Trans Banjarbakula

Diterbitkan

pada

Antusias penumpang menyambut hadirnya Teman Bus Trans Banjarbakula. Foto : wanda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Moda transportasi umum di Kota Banjarmain, bertambah dengan hadirnya Teman Bus Trans Banjarbakula yang sudah resmi mengoperasikan bus koridor tiga sejak Minggu (6/7/2022) lalu.

Dengan kapasitas dan jadwal keberangkatan yang cepat dan tepat, serta fasilitas lengkap dengan penerapan protokol pun turut yang diberikan oleh moda transportasi baru ini.

Jumadi, salah satu pengemudi Teman Bus Trans Banjarbakula, mengungkapkan ada 14 unit armada bus di koridor tiga melayani perjalanan dari terminal pal 6 menuju Universitas Muhammadiyah Banjarmasin (UMB) di wilayah Kota Banjarmasin. Dengan titik pemberhentian yang ditandai oleh papan penanda bus stop atau halte.

“Saat di koridor 3 ada 14 unit bus yang dijalankan dengan kapasitas penumpangnya terbatas yaitu hanya 7 sampai 10,” ujar Jumadi kepada kanalkalimantan.com, Senin (7/2/2022).



 

Baca juga : Tiga Raperda Dibahas dalam Paripurna DPRD Tanbu, di Antara terkait Perangkat Daerah!

Beroperasi dari pukul 05.00-21.00 Wita, setiap hari Senin hingga Minggu, Teman Bus Trans Banjarbakula menawarkan kecepatan dengan keamanan yang terjaga dan bisa tepat waktu, dengan head waynya hanya 10 detik.

“Sesuai instruksi dari Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, kecepatannya tidak boleh lebih dari 45 km/jam, kalau lebih dari itu ada peringatan dari mesin pendeteksi yang berbunyi,” jelasnya.

Diketahui hingga saat ini masyarakat masih bisa merasakan layanan bus ini secara gratis. Namun hal tersebut hanya berlaku sampai adanya Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) terkait tarif untuk layanan Teman Bus Trans Banjarbakula.

Jumadi menjelaskan, adapun nantinya sistem pembayarannya adalah non-tunai dan bisa dibayarkan melalui aplikasi pembayaran atau e-Money.

 

Baca juga : YBM PT PLN Persero Salurkan Bantuan ke Warga Panggalaman-Pangayuan

“Nanti setiap penumpang dipersilahkan untuk membeli kartu e-money di Indomaret terdekat dan mengisi saldonya, kemudian bisa dipakai saat melakukan pembayaran bisa dengan menempelkannya di mesin scan,” jelasnya.

Hadirnya Teman Bus Trans Banjarbakula jelas semakin mempermudah akses transportasi umum masyarakat dengan biaya murah di Kota Seribu Sungai.

Antusias masyarakat pun terlihat, dari Ibu ibu, remaja, hingga anak anak yang menjadikan bus ini sarana transportasi saat pulang sekolah.

Seperti halnya Lisa yang sudah dua kali menaiki Teman Bus Trans Banjarbakula ini. Ia yang setiap hari pulang pergi di wilayah Handil Bakti mengatakan merasa terbantu dengan hadirnya transportasi ini.

 

Baca juga : Kronologi Subuh Maut di A Yani Km 24 Landasan Ulin: Avanza Masuk Jalur Berlawanan Tabrak Pikap Carry

“Pertama liat itu di sosial media, teman teman saya banyak Liat teman teman di sosial media jadi karena selain murah, juga fasilitas yang diberikan sangat nyaman untuk penumpang,” ungkap Lisa, saat ditemui kanalkalimantan.com, Senin (7/2/2022).

Diketahui pada pertengahan Februari ini juga akan dioperasikan Teman Bus Trans Banjarbakula pada koridor lain yaitu salah satunya Jurusan TGB pal 17 menuju Siring km 0 dan sebaliknya.(kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : cell


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->