Connect with us

PEMILU 2024

Upaya KPU Banjarbaru Naikkan Angka Partisipasi Pemilih di Ibu Kota Kalsel

Diterbitkan

pada

Peluncuran Pilkada Serentak 2024 di lapangan dr Murdjani, Balai Kota Banjarbaru, Jumat (14/6/2024) malam. Foto : wanda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Segenap jajaran penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 bersama Pemerintah Kota Banjarbaru mengharapkan ada peningkatan partisipasi pemilih pada pencoblosan 27 November 2024 mendatang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru, Rozy Maulana berharap besar terhadap peningkatan partisipasi masyarakat pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) serta pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwali) di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Dia mengatakan, KPU Banjarbaru melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan animo masyarakat untuk ikut memilih nanti.

Salah satu upaya ini dibuka dengan menyelenggarakan kegiatan peluncuran Pilkada 2024 di Kota Banjarbaru, Jumat (14/6/2024) malam.

Baca juga: Dalang Tawuran Geng di Banjarbaru Umur 16 Tahun, Pernah Terlibat Kasus Sama

“KPU Kota Banjarbaru melakukan sosialisasi, bentuknya ada yang langsung dan tidak langsung. Hari ini kita melakukan sekaligus dua metode tersebut,” ujar Rozy Maulana.

Rozy menjelaskan, sosialisasi secara langsung dilakukan oleh KPU Banjarbaru di lapangan dr Murdjani Banjarbaru dengan dihadiri berbagai lapisan masyarakat.

“Ini salah satunya menarik perhatian berbagai lapisan masyarakat, untuk pemilih pemula, pemilih biasa hingga pemilih disabilitas,” ungkapnya.

Tentunya agar pemilih disabilitas ini dapat menerima maksud dari sosialisasi ini, KPU Banjarbaru turut menghadirkan juru bicara isyarat di dalam acara.

Baca juga: Mantan Dirut BPR Batola Divonis 4 Tahun Penjara Kasus Penyelewengan Kredit

“Tujuannya agar tersampaikan sosialisasi malam ini, sehingga kawan-kawan disabilitas kita bisa mengerti, karena yang bergabung di pesta demokrasi seluruh masyarakat, tidak terkecuali kelompok disabilitas,” jelas dia.

Peluncuran Pilkada 2024 juga disampaikan secara tidak langsung, yakni dengan menyiarkan di televisi lokal dan chanel YouTube KPU Banjarbaru.

“Jadi dengan dua metode tersebut tentunya kita mengharapkan partisipasi masyarakat lebih meningkat dari penyelenggaraan sebelumnya,” harapnya.

Sementara itu, Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin mengajak seluruh unsur terkait mulai dari jajaran pemerintah daerah, aparat keamanan, tokoh agama dan masyarakat, terutama badan ad-hoc s
PPK, PPS hingga KPPS adapat memberikan dukungan penuh dalam menyukseskan Pilkada 2024.

Baca juga: Pelepasan 24 Peserta Didik PAUD IT Salsabilla, Membaca Al Qur’an hingga Unjuk Kreativitas Anak

“Maka kita teruskan tren positif Pemilu sebelumnya di Banjarbaru yang berjalan secara aman, damai, lancar, demokrasi, dan zero konflik hingga pada waktu pencoblosan 27 November 2024 mendatang,” ujar Aditya.

Di sisi lain Aditya mengharapkan kesanggupan dari pengurus maupun pimpinan partai politik di Kota Banjarbaru beserta kader untuk dapat melaksanakan Pilkada yang damai, aman dan tertib dari awal hingga akhir nanti. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : bie


iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->