Connect with us

Kota Banjarbaru

Tim BRT Sosialisasi Penggunaan E-Money untuk Teman Bus Trans Banjarbakula

Diterbitkan

pada

Teman Bus Trans Banjarbakula. Foto : wanda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Sejak dioperasikan Minggu (6/2/2022), hadirnya Teman Bus Trans Banjarbakula melalui program Buy The Service (BTS) masih menggratiskan layanan penumpang.

Dalam sistem pembayarannya, dikatakan Tim Teknis Operasional BRT Banjarbakula, Wahyudi, bus warna hijau kuning ini ikut mendukung transaksi non tunai menggunakan kartu. Menurutnya ke depan seluruh sistem pembayaran parkir akan dilakukan secara non tunai.

“Uji coba BTS masih belum berbayar namun kami mengharapkan untuk diterapkan digitalisasi dalam sistem pembayarannya,” ungkapnya kepada kanalkalimantan.com, Kamis (10/2/2022).

Wahyudi mengatakan, pembebasan tarif penumpang Teman Bus akan dilakukan sampai Dinas Perhubungan menetapkan tarif.



 

Baca juga : BRT Banjarbakula Hadirkan Pembayaran Nontunai Pakai QRIS Barcode

Lanjutnya, formulasi untuk menentukan tarif masih dilakukan dengan bekerja sama dengan Kementerian Keuangan. Namun ia mengharapkan tarifnya akan sama dengan BRT warna biru.

“Masih ada formulasi untuk pembayarannya tetapi minimal tarifnya sama dengan BRT yang warna biru agar integrasinya sama juga,” lanjut Wahyudi.

Saat ini diketahui layanan BTS hanya berlaku pada koridor 3 yang melayani perjalanan dari terminal pal 6 menuju Universitas Muhammadiyah Banjarmasin (UMB) di wilayah Kota Banjarmasin.

Wahyudi mengatakan ke depannya akan ditambah layanan pada koridor lain seperti koridor untuk rute Kilometer 17 sampai dengan Banjarbaru dan Kilometer 17 sampai titik Kilometer 0 yaitu daerah Siring Bekantan Banjarmasin.

 

Baca juga : Kasus Covid-19 Terus Mengalami Lonjakan, Pasien Wafat Bertambah Satu Orang

“Kita akan tambah koridor lagi untuk rute Kilometer 17 sampai dengan Banjarbaru dan Kilometer 17 sampai titik Kilometer 0,” ungkapnya.

Pada layanan koridor 3 juga diketahui sudah mulai dilengkapi dengan Aplikasi Teman Bus yang dapat diinstal melalui play store. Gunanya agar penumpang dapat menemukan beberapa informasi lengkap mengenai rute dan jadwal bis.

Wahyudi menjelaskan pihaknya juga melakukan koordinasi untuk menciptakan aplikasi yang dapat berintegrasi antara BTS dan BRT, agar memudahkan penumpang mengetahui rute dan jadwal.

“Sementara aplikasi Teman Bus hanya digunakan di layanan koridor 3, namun ke depannya saya ingin ke depannya jadi satu aplikasi terintegrasi untuk semua BRT dan BTS. Jadi kami masih lalukan koordinasikan untuk pengembangan aplikasi teman bus oleh pengelola aplikasi tersebut,” jelasnya.

Pihaknya akan terus bekerja sama dengan masyarakat untuk melakukan sosialisasi dan edukasi terhadap pembayaran non tunai di armada maupun halte BTS dan BRT. (KanalKalimantan.com/Wanda)

Reporter : wanda
Editor : cell


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->