Terungkap Kematian 11 Ekor Sapi di Astambul Karena Diracun - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kabupaten Banjar

Terungkap Kematian 11 Ekor Sapi di Astambul Karena Diracun

Diterbitkan

pada

Kepala Disnakbun Kabupaten Banjar Ir Dondit Bekti. Foto : rendy

MARTAPURA, Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Kabupaten Banjar menyimpulkan kematian 11 ekor sapi dua bulan lalu di Kecamatan Astambul dan Mataraman, Kabupaten Banjar, akibat diracun.

Kepala Disnakbun Kabupaten Banjar Ir Dondit Bekti mengatakan, berdasar hasil pemeriksaan sampel di laboratorium, tidak didapati fakta yang mengarah pada penyakit tertentu atau penyakit berbahaya lainnya pada beberapa sapi tersebut.

“Setelah dilakukan pemeriksan sample di lab tidak ada hasil penyakit, sebaliknya justru ditemukan adanya indikasi kuat kematian sapi-sapi di Mataraman tersebut akibat diracun orang yang tidak bertanggung jawab,” ujarnya.

Terkait adanya petunjuk unsur kesengajaan peracunan sapi-sapi tersebut, Dondit mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan kepolisian untuk mengusut kasus tersebut.

“Karena itu sudah mengarah ke unsur pidana, sekarang sedang ditangani polisi,” ucapnya.

Sebelumnya, paska ditemukan beberapa ekor sapi yang mati di Desa Pingaran Ulu, Kecamatan Astambul, Disnakbun Kabupaten Banjar minta masyarakat tidak perlu takut dan resah mengonsumsi daging sapi.

Untuk menguatkan diagnosa, pihaknya mengambil sampel darah untuk tes laboratorium, sampel tersebut diambil dari sapi yang masih ada, bukan dari sampel sapi yang mati.

“Awalnya kami mengarah kepada penyakit Jembrana, tetapi fakta di lapangan, sapinya bukan sapi Bali melainkan hasil silang Bali dengan Peranakan Ongole (PO),” jelasnya. (rendy)

Reporter : Rendy
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan