Connect with us

HEADLINE

Tertahan di PPKM Level 4, Wali Kota Ibnu Sina Protes!

Diterbitkan

pada

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina. Foto: chandra

KANALKALIMANTAN.COM,BANJARMASIN – Masih masuk kategori zona merah alias bertahan pada PPKM level 4, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina protes.

Ya, Kota Banjarmasin masuk kategori PPKM (Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) level 4 dari enam kabupatan kota di Indonesia yang diumukan pada Senin (4/10/2021) kemarin.

Enam daerah yang masih bertahan pada PPKM level 4 yakni Kabupaten Pidi, Bangka, Kota Padang, Kota Banjarmasin, Bulungan, dan Tarakan.

 



 

Kabar mengejutkan dari pemerintah pusat itu diumumkan Menteri Kordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto menegenai perpanjangan status PPKM level 4 di Banjarmasin, sontak saja bikin Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina seakan tak terima.

Baca juga: Demo #Saya Vs Oligarki, Fraksi Rakyat Indonesia Datangi Kantor Gubernur Kalsel

Padahal menurut Ibnu Sina, dari segi pesentase cakupan vaksinasi di Kota Banjarmasin sudah mencapai lebih dari 50 persen, target pemerintah pusat menuju herd immunity. Vaksinasi di atas 50% itu, diklaim Ibnu Sina capaian tertinggi di Provinsi Kalimantan Selatan.

Ibnu Sina juga mengaku sangat kaget dengan pengumuman pada Senin (4/10/2021) kemarin. “Hasil evaluasi empat hari yang lalu seharusnya Banjarmasin itu berada pada level 2 atau level 3 dengan beberapa indikator seperti vaksinasi dan aglomerasi,” kata Ibnu Sina, Selasa (5/10/2021), usai mengikuti upacara HUT ke-76 TNI di Lanal Banjarmasin.

“Saya sudah mengutus Kepala Dinas Kesehatan untuk sanding data dengan kementerian kesehatan supaya valid, setidaknya dari hasil evaluasi kita Banjarmasin sudah bisa masuk level 3,” tegas Ibnu Sina.

Hasil evaluasi, kata Ibnu Sina, setidaknya karena dari data vaksinasi sudah lebih dari 50 persen, dimana sudah dibantu kontribusi oleh beberapa instansi, seperti TNI/Polri dan lembaga keuangan sebagainya. “Seharusnya bisa level 3 diberlakukan di Banjarmasin,” katanya.

Namun hingga saat ini Pemko Banjarmasin masih menunggu instruksi dari Menteri Dalam Negeri.

Baca juga: Mendagri Akhirnya Putuskan Banjarbaru Sandang Status PPKM Level 2!

“Dan saya minta kepada masyarakat yang ekonominya sudah mulai bergeliat jangan balik lagi ke level 4. Ya intinya saya protes saja lah,” pungkas Wali Kota Banjarmasin.

Mengutip surat edaran instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 4 Tahun 2021, untuk wilayah di provinsi Kalsel yang menerapkan PPKM Level 1 ialah Kabupaten Balangan.

Simak lengkap daftar lengkap status PPKM di Kalsel:

Level 1:

1.Kabupaten Balangan

Level 2:

1.Kabupaten Tanah Laut

2.Kabupaten Kotabaru

3.Kabupaten Banjar

4.Kabupaten Barito Kuala

5.Kabupaten Tapin

6.Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS)

7.Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU)

8.Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST)

9.Kabupaten Tabalong

10.Kota Banjarbaru

Level 3:

1.Kabupaten Tanah Bumbu

Level 4:

1.Kota Banjarmasin

Baca juga: UPDATE. Ini Status Level PPKM Terbaru di Kalsel, Balangan Satu-satunya yang Level 1

Pengumuman fase perpanjangan PPKM terbaru oleh pemerintah pusat ini diberlakukan dari tanggal 5 – 18 Oktober mendatang.

Sebelumnya, pemerintah pusat resmi menurunkan fase Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM ) level 4 di Kota Banjarbaru. Sedangkan Banjarmasin masih bertahan di status level 4. Hal tersebut sebagaimana disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam siaran pers, Senin (4/10/2021) petang. (kanalkalimantan.com/seno)

Reporter : seno
Editor : bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->