Connect with us

HEADLINE

Tersisa Pintu Jendela Bisa Diselamatkan dari Rumah Van Der Pijl

Diterbitkan

pada

Pintu dan jendela kayu bagian rumah Van der Pijl yang bisa diselamatkan Pemko Banjarbaru. Foto: ist

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Walau bukan bagian dari aset Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru, ada beberapa puing-puing rumah arsitek asal Belanda, Van Der Pijl yang bisa diselamatkan.

Rumah bergaya kolonial di Jalan A Yani Km 35 sekarang sudah rata dengan tanah. Namun, ada beberapa bagian yang dapat diselamatkan, di antaranya pintu dan jendela rumah milik perancang tata kota Banjarbaru itu.

Saat dikonfirmasi, staf pribadi Wali Kota Banjarbaru, Khairil Anwar menyampaikan inilah langkah nyata yang dapat dilakukan Pemko Banjarbaru untuk menyelamatkan peninggalan Van Der Pijl. Sementara untuk menyelamatkan seluruh tanah dan bangunan sudah tidak memungkinkan lagi.

“Sesuai arahan bapak Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin, kita mencoba menyelamatkan apa yang masih bisa dipertahankan dari rumah tersebut,” katanya, Kamis (22/9/2022) siang.



 

Baca juga : Rumah Van Der Pijl Bukan Aset Daerah, Pemko Banjarbaru Tak Sanggup Membelinya

Dilanjutkannya, ada beberapa bagian yang dapat diselamatkan yang masih orisinil dari rumah Van Der Pijl.

“Alhamdulillah setelah bertemu para tukang, dan dikomunikasikan dengan pemborong, serta pemilik (pihak yang sudah membeli) rumah tersebut, mereka berkenan menyerahkan bagian-bagian penting dari rumah itu untuk kita simpan. Diantaranya sekitar 13 buah pintu beserta kusennya, serta juga belasan buah jendela beserta kusennya pula,” bebernya.

Entah mau dijadikan apa bagian rumah tersebut. Namun, dirinya mengaku kembali menerima arahan Wali Kota untuk mendokumentasikan bangunan rumah tersebut, baik bagian luar maupun dalam, termasuk menggambar denah ruangannya.

Namun, akunya, untuk apa denah dan dokumentasi tersebut Khairil masih belum mengetahui tujuan Wali Kota tersebut. Namun, dirinya menduga akan dibangunkan seperti reflikanya.

 

Baca juga : Tinggal Kenangan, Rumah Van der Pijl Perancang Banjarbaru Itu Akhirnya Dibongkar

“Terkait rencana, sementara ini belum ada sama sekali. Hanya saja, penting bagi kita untuk memulai langkah awal dengan menyimpan bagian-bagian penting dari rumah tersebut, siapa tahu ke depan ada rencana membangun museum kota, atau galeri sejarah untuk Kota Banjarbaru, maka bisa dibangun dengan bentuk rumah Van Der Pijl yang di bagian-bagian pentingnya menggunakan ornamen-ornamen dari rumah aslinya. Seperti yang telah dilakukan pada Kincir Angin Comet,” pungkasnya.

Sementara itu pantauan Kanalkalimantan.com di rumah Van Der Pijl hanya tinggal puing-puing hampir rata dengan tanah.(Kanalkalimantan.com/ibnu)

Reporter : ibnu
Editor : bie


iklan

Komentar

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->