Connect with us

Kota Banjarbaru

Tanpa Demo Ketangkasan, HUT Brimob ke-73 Diperingati Sederhana

Diterbitkan

pada

Acara HUT ke-73 Brimob Polri digelar secara sederhana di Makosat Brimob Polda Kalsel. Foto : rico

BANJARBARU, Satuan Brimob Polda Kalsel merayakan HUT ke-73 Korps Brimob Polri. Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs Yazid Fanani MSi mengatakan, acara HUT Brimob Polri digelar secara sederhana di Makosat Brimob Polda Kalsel.

“Biasanya kita melaksanakan upacara besar kemudian dengan demonstrasi ketangkasan, demonstrasi penanganan teror dan lain-lain, tapi hari ini, tahun ini dilaksanakan dengan suasana lebih sederhana,” kata Kapolda Kalsel, Rabu (14/11).

Jenderal bintang dua ini menjelaskan, alasan diadakan secara sederhana karena masih ada suasana duka bagi Polri khususnya Brimob Polri. Suasana duka tersebut yaitu peristiwa yang gugurnya lima anggota Brimob saat kerusuhan napi teroris di Kompleks Mako Brimob pada Mei 2018.

Kemudian gugurnya anggota Brimob saat bencana alam di Lombok dan di Sulawesi Tengah. Kemudian anggota polisi ikut menjadi korban dari pesawat Lion Air PK-LQP JT-610 yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat.

“Oleh karena itu saya memahami keinginan dari Dankor Brimob dan jajaran Brimob agar pelaksanaan upacara peringatan HUT Brigade Mobil dilaksanakan dengan suasana yang sederhana,” tutur Yazid Fanani.



Meski begitu, Kapolda Kalsel tak lupa untuk mengucapkan ulang tahun bagi kesatuan pasukan khusus Polri itu. Kapolri Jenderal Pol Prof H Muhammad Tito Karnavian PhD dalam amanatnya berharap Brimob Polri semakin dicintai masyarakat dan senantiasa memberikan darmabakti terbaik kepada NKRI.

“Brimob Polri telah menunjukkan kontribusi nyata yang bernilai penting bagi pemeliharaan stabilitas Kamtibmas di Indonesia. Sebagai satuan elit Polri, Brimob berhasil dalam mendukung Pengamanan Pilkada Serentak 2018 pada 171 wilayah, Pengamanan Operasi Ketupat 2018, maupun berbagai event Internasional seperti Asian Games 2018, Asian Para Games 2018, dan IMF-World Bank Annual Meeting 2018,” bebernya.

Brimob juga bergerak cepat dalam membantu penanganan korban bencana alam, baik di Nusa Tenggara Barat maupun pada bencana alam yang terjadi di Sulawesi Tengah, sehingga proses evakuasi bisa berjalan dengan cukup baik, termasuk dalam penanganan pasca kejadian.

“Saya mengapresiasi peran serta Brimob dalam mendukung terlaksananya operasi penegakan hukum terhadap jaringan terorisme di Sulawesi Tengah dan kelompok kriminal bersenjata di Papua, serta pengamanan berbagai aksi unjuk rasa dan torehan prestasi di berbagai event kejuaraan menembak,” pungkasnya. (rico)

Reporter : Rico
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!