Tabligh Akbar Lengkapi Peringatan HSN di HSU - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kab. HSU

Tabligh Akbar Lengkapi Peringatan HSN di HSU

Diterbitkan

pada

Tabligh akbar dalam rangka hari santri di HSU Foto: dew

AMUNTAI, Ribuan santri hadiri Tabligh Akbar dalam rangka Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2018 yang digelar Pemerintah daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) bersama dengan KH. M.Naupal Rasyad dari Martapura yang digelar di ruang induk Masjid Raya At Taqwa Amuntai, Senin (22/10).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh furom komunikasi pondok pesantren (FKPP) Hulu Sungai Utara bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara ini dihadiri oleh Bupati Hulu Sungai Utara dan Forkopimda ,Ketua Tim Penggerak PKK, Alim ulama, guru santri ustadz-ustadzah, serta ribuan santri se-Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Ketua panitia pelaksana Nashiruddin Napsi mengatakan, bahwa acara ini di dasarkan kepada Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri, yang merupakan babak baru dalam sejarah umat Islam di Indonesia. “Mulai hari itu, kita dengan suka cita memperingati Hari Santri yang merupakan wujud relasi harmoni antara pemerintah dan umat Islam, khususnya bagi kalangan kaum santri,” terangnya.

Sedangkan dalam sambutannya Bupati HSU H.Abdul Wahid HK mengatakan bahwa hari santri nasional yang bertemakan Bersama Santri Damailah Negeri adalah momentum penting menjalin silaturahmi ukuwah islamiah antar umat Islam serta menjaga kerukunan umat beragama dan kesatuan negara republik Indonesia.

Pemerintah sudah sepatutnya memberikan apresiasi bagi perjuangan kaum santri yang secara nyata memberikan andil besar bagi terbentuk dan terjaganya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Oleh karena itu, peringatan Hari Santri harus dimaknai sebagai upaya masyarakat Indonesia yang bermartabat sehingga terwujud kedalam berkemajuan, berkesejahteraan, berkemakmuran, dan berkeadilan dalam kehidupan berkebangsaan.

Bupati Wahid juga berpesan, diera sekarang yang modern, canggih dan kebarat-baratan generasi muda khususnya para santri agar menjadi pihak yang berperan besar untuk mempertahankan karakter bangsa dan ideologi negara, baik itu berupa akhlak yang baik, norma, budi pekerti, sopan santun. “Marilah kita bentengi diri kita dengan hal-hal yang positif, baik untuk diri kita, pesantren, keluarga serta baik untuk bangsa dan negara,” harap Bupati.

Sementara dalam Tablig akbar ini KH.M.Naupal Bin KH Muhammad Rosyad yang datang dari martapura, dalam tausiyahnya berpesan khususnya kepada seluruh para santri dan para undangan agar menjaga kesatuan bangsa demi damainya negeri. Dirinya juga berpesan kepada para santri agar selalu bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu, tidak perlu terlalu dini memikirkan untuk menikah.

“Para santri jangan keburu mau nikah, pikirkan dulu belajar sungguh-sungguh, kelak kalau jodoh pasti akan datang,” ujar Guru Naupal.

Dalam tabligh Akbar ini disamping diisi dengan tausiyah oleh KH M.Naupal, acara ini juga diisi dengan pembacaan shalawat, tahlil serta doa bersama ribuan santri.(dew)

Reporter: Dew
Editor: Chell

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan