Connect with us

RELIGI

Surat Al Ikhlas: Latin, Arti, Sejarah, Keutamaan

Diterbitkan

pada

Ilustrasi membaca Al Quran surat Al Ikhlas. Foto : unsplash

KANALKALIMANTAN.COM – Surat Al-Ikhlas merupakan salah satu surat di dalam Al-Quran yang memiliki banyak sekali keutamaan.

Surat ke-112 di dalam Al-Quran ini termasuk dalam surat Makkiyah karena surat Al-Ikhlas diturunkan di kota Makkah.

Berikut Suara.com -jaringan Kanalkalimantan.com- akan mengulas seputar surat Al Ikhlas, mulai dari bacaan latin, arti, sejarah hingga keutamaannya.

Ayat dan Arti Surat Al-Ikhlas



 

 

Berikut adalah bacaan dan arti surat Al-Ikhlas

Qul huwal laahu ahad

Artinya: Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.

Allah hus-samad

Artinya: Allah tempat meminta segala sesuatu.

Lam yalid wa lam yuulad

Artinya: (Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan.

Wa lam yakul-lahu kufuwan ahad

Artinya: Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia.”

Baca juga : Taklukkan Kelurahan Syamsudin Noor 2-0, Loktabat Utara Sabet Juara Paman Birin Trophy IV 2021

Sejarah Surat Al-Ikhlas

Mengutip pada berbagai sumber, Asbabun nuzul Surat Al-Ikhlas menekankan tentang keesaan Allah. Berikut adalah penjelasan mengapa surat Al-Ikhlas diturunkan di kota Makkanh, dikisahkan pada sebuah zaman terdapat sekumpulan golongan kafir Quraisy yang mempertanyakan tentang Tuhan yang disembah oleh Nabi Muhammad SAW.

Semua dimulai saat Rasulullah SAW ingin melakukan Hijrah menuju Madinah. Pada kesempatan yang sama ternyata golongan kafir Quraisy sedang merencanakan pembunuhan kepada beliau pada saat ia berangkan menuju Madinah.

Singkat cerita salah satu dari golongan kafir Quraisy yang bertanya kepada Rasulullah ‘Hai Muhammad, terangkanlah kepadaku tentang Tuhanmu. Bagaimana Dia mempunyai kekuatan seperti itu, apakah Tuhanmu terbuat dari emas atau perak?

Pada saat yang sama malaikat Jibril turun menghampiri Rasulullah dengan membawa wahyu dari Allah sebagai jawaban atas pertanyaan tadi, sampai saat ini hal tersebut diabadikan dalam surat Al-Ikhlas.

Baca juga : APG Muslimah Hingga ZOSS, Antarkan Dishub Banjarbaru Raih Penghargaan PUG

Keutamaan Surat Al-Ikhlas

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa surat Al-Ikhlas memiliki banyak sekali keutamaan, diantaranya adalah ampunan dari dosa yang kita lakukan. Namun disamping itu masih ada banyak sekali keutamaan dari surat Al-Ikhlas yang perlu anda ketahui.

Berikut adalah keutuamaan dari membaca surat Al-Ikhlas:

1. Dibangunkan rumah di surga

Dari Mu’dz bin Anas al-Jahni, sahabat Nabi, dari Rasulullah SAW yag bersabda: “Barangsiapa yang membaca ‘qul huwa allah al-‘ahad hingga menghatamkannya sebanyak sepuluh kali, maka Allah akan membangunkan untuknya sebuah istana di dalam surga’. Maka berkata Umar bin Khatab, ‘jika lebih banyak lagi Ya Rasulullah?’, Rasulullah SAW menjawab: ‘Allah memperbanyak (menambahkannya) dan membaikkan (membalasnya dengan yang lebih baik).” (HR At Thabrani).

2. Dicintai Allah SWT

Hal ini dijelaskan melalui hadis yang artinya:

“Tanyakanlah kepadanya kenapa ia melakukan hal itu?” Lalu mereka pun menanyakan kepadanya. Ia menjawab, “Karena di dalamnya terdapat sifat Ar Rahman, dan aku senang untuk selalu membacanya.” Mendengar itu Rasulullah SAW bersabda: “Beritahukanlah kepadanya bahwa Allah Ta’ala juga mencintainya.” (HR Bukhari dan Muslim)

3. Setara dengan pahala membaca sepertiga Al-Quran

“Dari Abu Darda’ bahwa Rasulullah SAW bersabda: ‘Apakah seorang di antara kalian tidak mampu untuk membaca sepertiga Al Qur’an dalam semalam?’ Mereka mengatakan: ‘Bagaimana kami bisa membaca seperti Alquran?” Lalu Nabi bersabda: ‘Qul huwallahu ahad itu sebanding dengan sepertiga Al Qur’an.” (HR Muslim).

Baca juga : Fenomena Rumah Ambruk di Banjarmasin, Pakar: Saatnya Belajar Kearifan Arsitektur Lokal! 

4. Membaca Tiga Kali seperti Mengkhatamkan Al-Quran

Diriwayatkan dari Anas bin Malik RA, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa membaca surat Al Ikhlas sekali, maka seakan-akan dia membaca sepertiga Alquran, dan barangsiapa membacanya dua kali, maka seakan-akan membaca dua pertiga Alquran, dan barangsiapa membacanya tiga kali, seakan-akan ia membaca AlQuran seluruhnya.” (HR Anas bin Malik).

5. Doanya Akan Diijabah

Dari ‘Abdullah bin Buraidah dari Bapaknya, sesungguhnya Nabi SAW mendengar seseorang berkata: ‘Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu, Sungguh Engkau Allah dzat yang ‘Ahad, yang tidak tidak beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada sesuatupun yang setara dengan-Nya’. Maka beliau bersabda: ’Sungguh, dia meminta kepada Allah dengan Nama-Nya yang agung, yang jika seseorang meminta dengan Nama tersebut, maka permintaannya akan diberikan, dan jika berdo’a dengan nama tersebut, maka doanya akan dikabulkan.” (HR Ahmad).

Demikian adalah ulasan tentang 5 Keutamaan surat Al-Ikhlas dan Sejarahnya, semoga dapat memberikan wawasan pengetahuan keagamaan baru untuk Anda sekalian. (Suara.com/Dhea Alif Fatikha)

Editor : Suara.com


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->