Senyum Ramadhan dari Pulau Bromo Banjarmasin - Kanal Kalimantan
Connect with us

ACT KALSEL

Senyum Ramadhan dari Pulau Bromo Banjarmasin

Diterbitkan

pada

Foto : actkalsel

BANJARMASIN, Kebahagiaan bagi sebagian orang mungkin terjadi ketika mendapat apapun hal yang diinginkan. Namun tidak bagi Balqis, Siva dan Viona. Bagi tiga anak itu, mendapatkan undangan berbuka puasa bersama di tengah Kota Banjarmasin adalah kebahagiaan yang tiada duanya.

Terlihat dari gurat tawa tertahan wajah-wajah kecil itu ketika memenuhi undangan buka puasa bersama dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalsel, di Kantor Maybank Syariah Banjarmasin, Kamis (7/6).

Tiga gadis kecil itu juga tidak sendiri. Undangan ACT Kalsel juga berlaku bagi puluhan anak yang tinggal di Pulau Bromo, Banjarmasin. Pulau Bromo demikian nama kampung berbentuk delta -pulau kecil di tengah sungai- di Kota Banjarmasin yang meliputi empat RT, yakni 04, 05, 06, dan 07.

Jika menggunakan speedboat memerlukan waktu tempuh dari Banjarmasin sekitar 45 menit sedangkan kapal ferry harus melintasi jalur darat menuju kantor Kelurahan Mantuil sekitar 30 menit, kemudian diteruskan jalan kaki menuju dermaga.

Kegembiraan mereka diungkapkan oleh Sarlinda, relawan lokal yang diminta ACT Kalsel untuk mendampingi mereka. “Umaaa buhannya himung banar dibawai buka puasa di sini (Duh mereka senang sekali diajak buka puasa di sini). Pukul 4 kami sudah sampai di seberang,” ujar Sarlinda.

Ia mengatakan bahwa selama bulan puasa ini belum pernah ada yang mengajak anak-anak di Pulau Bromo buka puasa bersama. “Baru ACT Kalsel yang mengajak kami keluar. Padahal di Pulau Bromo banyak anak-anak yatim dan tidak mampu yang perlu perhatian.”

Kegiatan buka puasa bersama itu merupakan implementasi dari program penyaluran dana kebajikan Maybank Indonesia di Banjarmasin. Muhammad Nuryasin, Manajer Kantor Cabang Maybank Syariah Banjarmasin mengatakan, penyaluran dilakukan melalui unit Syariah Maybank dan 10 KCS se-Indonesia.

“Di Kalsel, kami menggandeng ACT Kalsel untuk menghadirkan anak-anak yatim dan duafa di Banjarmasin. Alhamdulillah dihadirkan anak-anak dari Pulau Bromo yang memang membutuhkan perhatian kita semua,” ujar Yasin.

Yasin juga mengatakan kalau Inisiasi ini merupakan wujud nyata dari komitmen Maybank Indonesia. “Komitmen kita untuk selalu berada di tengah komunitas masyarakat prasejahtera, meningkatkan kontribusi dalam negeri, serta menyalurkan bantuan kemaslahatan masyarakat.”’

Selain mengajak buka puasa bersama, Maybank Indonesia juga memberikan santunan untuk 100 anak di Pulau Bromo.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Cabang ACT Kalsel, Ronio Romantika, yang hadir di tengah-tengah kebahagiaan itu mengungkapkan bahwa kemitraan merupakan cara yang dibangun ACT dalam menanggulangi persoalan kemiskinan. “Kolaborasi antara kedermawanan dan kerelawanan adalah pilar gerakan dari ACT untuk mewujudkan solusi bagi bangsa ini,” ucapnya.

Ronio merasa bersyukur bisa mempertemukan warga di Pulau Bromo dengan salah satu mitra ACT yaitu Maybank Syariah Banjarmasin. “Minimal ini sebagai awalan untuk membangun program-program kemanusiaan di Pulau Bromo,” terangnya.

Meskipun baru buka cabang di Kalimantan Selatan, sebenarnya ACT sudah pernah menyambangi Pulau Bromo tahun 2015 silam. ACT melalui mitra lokal telah menyapa warga di Pulau Bromo melalui program darurat asap.

“Semoga dengan hadirnya cabang di Kalsel, kami bisa melakukan lebih banyak untuk Pulau Bromo,” pungkas Ronio. (bie/actkalsel)

Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan