Connect with us

HEADLINE

SAH. Gubernur Sahbirin dan Wagub Muhidin Resmi Pimpin Kalsel hingga 2024

Diterbitkan

pada

Gubernur Sahbirin dan Wakil Gubernur Muhidin dilantik oleh Presiden Jokowi Foto: youtube

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU- Perjalanan panjang dilalui pasangan Sahbirin Noor-Muhidin sebelum akhirnya dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel oleh Presiden Jokowi, Rabu (25/8/2021) di istana negara. Pasca pencoblosan 9 Desember 2020 silam, akhirnya Sahbirin-Muhidin bisa kembali memegang tampuk pemerintahan Kalsel.

Acara pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, dihadiri sejumlah pejabat. Pelantikan digelar dengan protokol kesehatan yang ketat. Prosesi pelantikan diawali dengan dikumandangkannya lagu ‘Indonesia Raya’ dan pembacaan keputusan presiden.

Setelah itu, Jokowi memimpin pembacaan sumpah Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel. Rohaniwan mendampingi Sahbirin dan Muhidin.

“Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD Negara RI Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa,” kata Sahbirin dan Muhidin mengikuti Jokowi.



 

 

Baca juga: FOTO-FOTO PELANTIKAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR KALSEL

Usai dilantik, Sahbirin dan Muhidin mendapat ucapan selamat dari Jokowi. Disusul kemudian oleh tamu yang hadir.

Sebelumnya, KPU Kalsel menetapkan pasangan Sahbirin Noor dan Muhidin (BirinMU), sebagai gubernur dan wakil gubernur terpilih dalam Pilkada 2020, Rabu (4/8/2021). Penetapan pasangan terpilih Pilkada Kalsel dilaksanakan setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan dari Denny Indrayana-Difriadi beberapa waktu lalu.

Sebagaimana hasil perhitungan suara sejak digelarnya pencoblosan suara pada 9 Desember 2020 hingga diputuskan pemungutan suara ulang di tujuh kecamatan pada tiga kabupaten/kota pada 9 Juni 2021, pasangan BirinMU menang perolehan suara dari pasangan H2D (Denny Indrayana dan Difriadi Darjat).

Total suara yang diperoleh BirinMU sebanyak sebanyak 871.123 suara. Sementara itu H2D memperoleh sebanyak 831.178 suara dari total pemilih sah sebanyak 1.702.301 suara di 13 kabupaten/kota. Ketetapan KPU Kalsel ini sempat digugat lagi pasangan H2D ke MK, namun MK menetapkan menolak gugatan tersebut sehingga menetapkan kemenangan BirinMU. (kanalkalimantan.com/kk)

Reporter: kk
Editor: cell


iklan

Disarankan Untuk Anda

<<

Paling Banyak Dibaca

-->