Connect with us

Kota Banjarbaru

Raih Penghargaan Adipura ke-8, Pemko Banjarbaru Akan Arak Keliling Kota

Diterbitkan

pada

Walikota Banjarbaru mendapat piala Adipura ke-8 dari pemerintah pusat Foto : humas

JAKARTA, Kota Banjarbaru meraih penghargaan kebersihan Piala Adipura tahun 2018 kategori Kota Sedang. Piala Adipura 2018 menjadi Adipura keempat kali berturut-turut, dan menjadi piala Adipura kedelapan bagi Kota Banjarbaru.

Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani menerima langsung piala Adipura 2018 dari Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla didampingi Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar, di Gedung Manggala Wanabakti Jakarta, Senin (14/1).

Walikota Nadjmi bersyukur setelah menerima anugerah Adipura 2018. Ia menyatakan bangga kepada warga Banjarbaru yang mendukung upaya pemerintah menjaga lingkungan. Menurutnya, penghargaan Adipura 2018 yang diperoleh Kota Banjarbaru merupakan peran seluruh komponen, baik pemerintah swasta maupun masyarakat.

Ia berharap, penerapan dan pengelolaan persampahan lebih maju dengan Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS 3R) di Kota Banjarbaru.

“Alhamdulillah kita kembali memperoleh anugerah Adipura untuk kedelapan kalinya. Semua berkat upaya kita semua,” ujarnya

Di tempat terpisah, terkait penghargaan ini Kadis Dinas Lingkungan Hidup Pemko Banjarbaru, Sirajoni berencana untuk meningkatkan beberapa program kebersihan di Pemko Banjarbaru seperti pengelolaan sampahnya di masyarakat semakin digiatkan. Dimana ada kegiatan. komposer untuk mengurangi sampah.

“Pemko juga mengeluarkan perwali tidak dibolehkannya lagi kantong plastik di toko swalayan dan mall dan retail modern. Diet kantong plastik itu jelas akan mengurangi dampak sampah plastik yang ada di perkotaan,” kata Sirajoni.

Sementara di sekokah-sekokah ada program adiwiyata yang mana kedepannya juga akan digenjot dan ditambah. ” Selain itu pengelolaan TPS3R dan pendaur ulangan sampah akan ditingkatkan lagi. Sehingga sampah dibuang ke TPA berkurang karena sudah dikelola oleh lingkungan masyarakat dan berguna kepada masyarakat serfa memiliki nilai ekonomis,” kata dia.

Disamping itu juga ada untuk penghijauan dan program yang mengurangi polusi dan pencemaran. Masih menurut Sirajoni, kedepan di Pemko Banjarbaru, jumlah pasukan kuning, akan ditambah sekitar 20 orang.

“Sementara ini kami punya pasukan sebanyak 258 untuk pengelolan pengakutan sampah. Juga ada sebanyak 128 pekerja pembersihan jalan dan fasilitas umum. Penambahan sebanyak 20 petugas untuk memperluas jangkauan pelayanan,” kata Sirajoni.

Untuk menyambut piala Adipura, Pemko Banjarbaru melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarbaru menggelar rapat persiapan penyambutan Piala Adipura di Aula DLH. Dari pantauan Kanalkalimantan.com, rencananya Waliokota Banjarbaru bersama rombongan akan disambut di VIP Room Bandara Syamsudin Noor, Selasa (15/1) besok pukul 09.45 Wita. Jika tidak ada kendala, rombongan akan mendarat di Bandara Syamsudin Noor pada pukul 10.00 Wita menggunakan Pesawat Citilink.  Tidak hanya itu, DLH juga akan menggelar konvoi yang mana piala Adipura akan diarak menuju pusat Kota Banjarbaru.(rico)

Reporter : Rico
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares
Advertisement