Connect with us

Film

Program ‘Kaganangan’, Ajang Temu Generasi Dulu dan Sekarang

Diterbitkan

pada

berbagai kegiatan digelar sebagai pemanasan menjelang AFK Foto: mario

BANJARMASIN, Masih dalam suasan menuju hari puncak Aruh Film Kalimantan (AFK) 2018, kini AFK melanjutkan kegiatan mereka pada hari Senin (19/11) malam di Panggung Rampa, Taman Budaya, Kalsel. Ada pun kegiatan kali ini adalah screening dan diskusi film dalam program Kaganangan.

Dikutip dari Instagram Forum Sineas Banua (FSB), gerakan perfilman Kalsel saat ini berada pada titik baru catatan sejarahnya. Kaganangan merupakan sebuah program retrospeksi yang mengajak kita untuk tidak hanya larut dalam romantisme nostalgia. Namun juga sebagai ucapan terima kasih atas pembelajaran penting yang didapat dalam kehaditan sosok serta karya sineas Banua terdahulu.

Pada malam itu juga ada dua film yang ditampilkan. Adalah ‘Habar Matan Jogja’ karya Andrei Budiman dan ‘Persahabatan’ karya Andi Sahluddin. Kanal Kalimantan berkesempatan untuk mewawancarai salah seorang yang berada di balik film ‘Persahabatan’.

Dia adalah Handriyan Yudha Sakti. Art Director & kameramen/DOP film ‘Persahabatan’. Pria kelahiran Banjarmasin 1 Oktober 1982 ini  sudah menekuni dunia seni peran sejak tahun 2001. Ia juga pernah mendapatkan predikat Penyaji Terbaik 1 pada Festival Teater Monolo se-Kalsel tahun 2004. Selain sudah melalang buana di dunia seni peran dan film ia juga merupakan anggota senior dan pendiri dari Kelompok Halilintar Kalsel.

Pria ini juga sudah pernah membuat beberapa film di antaranya. ‘Kahantuan’ (komedi horor, produksi 2009) dan ‘Persahabatan’ (drama, produksi 2009). Selain itt ia juga sering membuat produksi video komersil seperti Iklan TV, iklan layanan masyarakat, dan company video profile.

Handriyan mengatakan bahwa dia sangat mengapresiasi sekali program Kaganangan ini. “Acara malam tadi aku apresiasi sekali. Bagus. Mengangkat kembali karya-karya film produksi lawas. Selain juga memperkenalkan (kami) dengan generasi sekarang, kegiatan ini juga sekaligus jadi tempat sharing pengalaman saat produksi film tersebut,” katanya.

Meskipun di satu sisi ia sedikit menyayangkan hadirnya penonton. Namun, ia memaklumi. “Ya mungkin karena publikasi acara yang terlalu mepet harinya,” ungkapnya.

Film ‘Persahabatan’ ini sendiri merupakan ide cerita dan skenario yang ditulis oleh senior Handriyan di Sanggar Budaya Kalsel, Andi Sahludin. Film ini adalah film dengan tema sosial yang dikemas dengan bumbu lokal. Menceritakan tentang pertemanan 3 siswa SMA di Banjarmasin yang di mana di antara mereka status sosialnya jauh berbeda. ‘Persahabatan adalah persaudaran’ adalah pesan akhir yang coba disampaikan oleh film ini. (mario)

Reporter: Mario
Editor: Chell

Bagikan berita ini!
  • 7
    Shares