Connect with us

Kabupaten Hulu Sungai Utara

Plt Bupati HSU Pimpin Apel Gelar Pasukan Antisipasi Bencana

Diterbitkan

pada

Apel siaga bencana banjir di Kabupaten HSU. Foto: dew

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Pelaksanaan tugas (Plt) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Husairi Abdi memimpin apel gelar pasukan siaga darurat penanganan bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung, di Lapangan Sepakbola Karias, Komplek GOR Pangeran Suryanata Amuntai, Rabu (24/11/2021) .

Langkah ini dilakukan mengantisipasi ancaman bencana hidrometeorologi akibat iklim La Nina Moderate di wilayah HSU yang merupakan kawasan rawan bencana terutama banjir.

Di samping kehadiran Plt. Bupati HSU Husairi Abdi yang bertindak sebagai pemimpin apel, hadir pula unsur Forkopimda HSU, para pejabat dilingkungan Pemkab HSU serta para anggota TNI Polri, BPBD, Tagana, Dishub, Satpol PP, PMI, Pramuka, Orari, Rapi, Para Relawan dan organisasi kemanusiaan yang lainnya.

Husairi dalam arahannya mengatakan, apel ini merupakan salah satu wujud kepedulian untuk menciptakan rasa aman dan mewujudkan keselamatan bagi masyarakat.



 

Baca juga : Tok! RAPBD 2022 Disepakati di Rapat Paripurna DPRD Kapuas

“Hal ini merupakan ikhtiar penting yang harus kita lakukan terus menerus sehingga terjalin koordinasi dan komunikasi serta kerjasama yang bersinergi antara semua elemen dan yang paling penting adalah kita menjadi tahu bagaimana menangani bencana dalam beberapa tahapan yaitu pra bencana darurat serta pasca bencana,” katanya.

Selain itu, dirinya juga menghimbau kepada SKPD agar menyiapkan sarana dan prasarana serta SDM yang memadai dalam menanggulangi kebencanaan.

“Para camat agar mengaktifkan semua pos – pos kebencanaan sampai ke desa – desa dan menyiapkan sarana prasarana yang dimiliki dan SDM yang memadai serta melaporkan situasi kondisi diwilayah masing – masing.”

Husairi juga berpesan kepada Para satgas dan relawan selalu siap siaga sewaktu waktu apabila dibutuhkan dalam penanggulangan bencana.

 

Baca juga : Akuarium di Lapangan dr Murdjani Akhirnya Diisi Ikan, Spot Swafoto Kekinian di Banjarbaru

“Sedangkan kepada masyarakat Hulu Sungai Utara terutama di wilayah rawan waktu terjadi bencana agar selalu berdoa dan memohon perlindungan agar bencana tidak terjadi lagi,” pesannya.

Pada apel kali ini, Plt Bupati di dampingi unsur Forkopimda juga terlebih dahulu melakukan pengecekan kesiapan pasukan serta peralatan dalam penanganan dan penanggulangan kebencanaan. (kanalkalimantan.com/dew)

Reporter : dew
Editor : cell


iklan

Komentar

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->