Pindah Ibu kota ke Palangkaraya, Butuh Keikhlasan Orang Jawa - Kanal Kalimantan
Connect with us

Politik

Pindah Ibu kota ke Palangkaraya, Butuh Keikhlasan Orang Jawa

Diterbitkan

pada

Airin Rachmi Diany Foto : net

Kajian pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan terus dilakukan pemerintah pusat. Beberapa waktu lalu, Badan Informasi Geospasial (BIG) telah melakukan pemetaan di sejumlah wilayah yang layak untuk menjadi ibu kota baru. Salah satunya yakni Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Menurut Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Airin Rachmi Diany, pemindahan ibu kota ke Palangkarya sebenarnya bukanlah isu baru. Namun, bukan perkara mudah untuk merealisasikan pemindahan ini.

“Ini butuh political will yang luar biasa, keikhlasan kami, orang Pulau Jawa untuk bisa ke sana dan juga bagaimana DPR memiliki komitmen dan perjalanan panjang,” kata Airin dalam sebuah diskusi di Jakarta, Selasa (18/9) dinukil dari Kompas.com.

Airin melanjutkan, beberapa waktu lalu APEKSI pernah bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Dalam pertemuan tersebut dibahas tentang pentingnya pembangunan wilayah dari pinggiran guna memberikan jaminan atas pemerataan pembangunan bagi seluruh wilayah Indonesia. “Sehingga ada keadilan atas pembangunan bahwa bukan hanya di Pulau Jawa saja tapi juga di luar Pulau Jawa,” ujarnya.

Airin menyarankan Pemerintah Kota Palangkaraya dapat memberikan perhatian lebih terhadap masalah pembangunan infrastruktur di sana. Hal ini perlu ditunjukkan untuk membuktikan bahwa Palangkaraya memang layak dicalonkan menjadi ibu kota baru. “Ditambah doa, siapa tahu Insya Allah mudah-mudahan Palangkaraya jadi ibu kota negara,” tutup dia. (kmps)

Reporter : Kmps
Editor : Bie

Bagikan berita ini!
  • 39
    Shares
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan