Connect with us

Kabupaten Banjar

Permudah Pemotongan Hewan Kurban, Warga Kompas Bikin Alat Ini

Diterbitkan

pada

Proses pemotongan hewan kurban di Kompleks Pangeran Antasari, Martapura Kota. Foto: Istimewa

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Perayaan Idul Adha 1442 Hijriah di Kabupaten Banjar dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid 19. Hal tersebut sesuai dengan instruksi Bupati Banjar H Saidi Mansyur yang mengizinkan masyarakat Kabupaten Banjar melaksanakan Salat led dan pemotongan hewan kurban di wilayahnya masing masing pada pelaksanan Idul Adha 1442 H.

Tak terkecuali warga Komplek Pengeran Antasari (Kompas) RT 2 RW 5 Kelurahan Jawa, Kecamatan Martapura Kota, saat melaksanakan pemotongan hewan kurban .

Ada cara yang cukup unik yang dilakukan Warga Kompas pada pemotongan hewan kurban tahun ini. Warga Kompas membuat alat perebah sapi yang memudahkan proses penyembelihan hewan kurban .

“Alat ini kami buat sekitar satu mingguan dengan menggunakan rangkaian besi besi yang dibentuk menyerupai gerobak , kemudian diberikan roda kedua belah sisinya agar memudahkan proses pemindahan sapi ke lokasi pemotongan hewan kurban,” Epen, warga setempat, Selasa (20/7/2021).



 

 

Baca juga: Kabur ke Jalan, Brakkk! Sapi Kurban Tabrak Pemotor Wanita

Menurut dia, diperlukan waktu sekitar 20-30 menit beserta penyembelihannya untuk 1 ekor sapi. Hal tersebut jelas lebih efisien tinggal dorong ke lokasi penyembelihan diikat dengan tali kemudian rebahkan dan langsung potong.

Warga Komplek Pangeran Antasari di tahun ini melaksanakan ibadah kurban sebanyak 8 ekor sapi dan 1 ekor kambing.

Seekor sapi di antaranga merupakan pemberian Bupati Banjar H Saidi Mansyur.

Baca juga: Imbas Pemberlakuan PPKM, Ada Peningkatan Pemakaian Gas Melon 2,9 Persen 

“Saya mewakili warga di sini mengucapkan terima kasih banyak atas pemberian satu ekor sapi dari Bupati Banjar. Semoga pemberian ini bisa bermanfaat buat masyarakat banyak yang dapat menikmati daging hewan kurban, apalagi masih di masa pandemi ini. Juga kepada warga yang berkurban semoga diberikan ganjalan pahala yang berlipat, ” kata Fauzi Gani salah satu tokoh warga Kompas. (kanalkalimantan.com/rls) 

Reporter: rls
Editor: kk


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->