Connect with us

Kota Banjarbaru

Peringati World Thalassaemia Day, RSD Idaman Launching Layanan Hematologi Onkologi Anak

Diterbitkan

pada

Sekdako Banjarbaru, Said Abdullah, saat meresmikan layanan Hematologi - Onkologi Anak di RSD Idaman. Foto: ist

KANALKALIMANTAN COM, BANJARBARU – Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Banjarbaru meluncurkan layanan unggulan Hematologi – Onkologi Anak bertepatan dengan peringatan World Thalassaemia Day, (Rabu (11/5/2022).

Layanan yang diperuntukan menangani penyakit kelainan darah atau yang disebut talasemia ini, diluncurkan oleh Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru, H Said Abdullah.

Said Abdullah mengatakan bahwa peluncuran layanan kesehatan terbaru ini sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kota Banjarbaru terhadap para pasien talasemia.

Dijelaskannya kondisi pasien talasemia di Kota Banjarbaru memerlukan setidaknya 120 hingga 160 kantong darah per bulan. Sehingga, katanya perlu kerja sama semua pihak untuk mengatasi permasalahan tersebut.



 

Baca juga  : Hari Perawat Internasional, Sejarah dan Sosok Florence Nightingale

“Kita berkomitmen untuk bekerja sama dengan semua komponen menghadapi permasalahan yang dihadapi pasien-pasien talasemia, mereka ini kekurangan darah,” ujarnya.

Menurut Plt Direktur RSD Idaman Banjarbaru, dr. Danny Indrawardhana, penyakit talasemia harus mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah. Ia pun berharap dengan adanya layanan ini dapat menekan angka pasien pengidap talasemia.

“Talasemia harus mendapatkan perhatian dari kita semua. Karena susah untuk upaya pencegahan, jadi kami mengambil langkah dengan melakukan screening yang melibatkan dinas kesehatan dan dinas pendidikan,” ucap Danny.

Disisi lain, ia juga tak menampik bahwa kebutuhan darah pasien Thalasemia cukup tinggi, di mana rata-rata pasien membutuhkan antara 30 sampai 40 kantong darah per minggu.

 

Baca juga  : Bahan Pengganti Urukan Tanah, PLN-Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan Uji Sampel FABA di PLTU Pulang Pisau

“RSD Idaman tidak hanya melayani pasien dari Banjarbaru tapi juga ada dari Tabalong bahkan sampai ke Kalteng,” terang Danny seraya menambahkan bahwa salah satu faktor pendukung hadirnya layanan unggulan ini adalah karena adanya Dokter Ahli Onkologi di RSD Idaman Banjarbaru.

Sekadar informasi, talasemia merupakan kelainan darah yang disebabkan oleh faktor warisan alias genetik. Kondisi ini menyebabkan protein yang ada di dalam sel darah merah (hemoglobin) tak berfungsi normal.

Padahal, hemoglobin punya peran penting untuk membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh. Nah, kelainan hemoglobin ini menyebabkan kehancuran sel darah merah yang membuat seseorang masuk ke dalam keadaan anemia.

Dalam kegiatan, juga dilaksanakan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara RSD Idaman Kota Banjarbaru dengan Batalyon Infanteri 623 tentang kegiatan donor darah dan pemenuhan ketersediaan darah di RSD Idaman. (Kanalkalimantan.com/al)

Reporter : al
Editor  : kk


iklan

Disarankan Untuk Anda

<<

Paling Banyak Dibaca

-->