Penemuan Planet Goblin, Tanda Akan Adanya Planet Kesembilan? - Kanal Kalimantan
Connect with us

IPTEK

Penemuan Planet Goblin, Tanda Akan Adanya Planet Kesembilan?

Diterbitkan

pada

Planet Goblin bisa menjadi planet ke sembilan di tata surya Foto: net

Para astronom baru saja menemukan sebuah planet kerdil bernama Goblin atau 2015 TG387 yang terletak sangat jauh dari Bumi. Tidak hanya itu, penemuan planet baru ini memiliki makna lain, yakni adanya planet kesembilan dalam tata surya kita yang masih belum ditemukan.

Sekadar informasi, sebuah planet masuk dalam klasifikasi planet kerdil bila memiliki beberapa sifat, yakni mengorbit mengelilingi Matahari, memiliki gravitasi sendiri, belum mengosongkan orbit dari benda angkasa lainnya kecuali satelitnya sendiri, dan bukan merupakan satelit dari sebuah planet atau benda angkasa nonbintang lainnya.

Planet yang diselimuti oleh es ini diperkirakan berdiameter 300 kilometer dan berada pada orbit yang sangat panjang. Pada titik terdekat dari matahari, ia berjarak 2,5 kali jarak Pluto kepada matahari. Sementara itu, titik terjauhnya mencapai 60 kali lebih jauh dari jarak Pluto ke matahari.

Orbit ini membuat Goblin harus menghabiskan waktu sekitar 40.000 tahun untuk mengelilingi matahari dalam sekali putaran. Saking jauhnya, 99 persen perjalanan Goblin mengitari Bumi sulit untuk dilihat dari Bumi.

Dilansir dari The Guardian, Jumat (5/10), Goblin merupakan planet minor ketiga yang ditemukan di luar sistem tata surya. Sebelum itu, astronom sudah menemukan Sedna dan 2012 VP113.

“Kami baru mulai mengungkap seperti apa penampakan tata surya sisi luar dan apa yang ada di sana. Kami percaya bahwa ada ribuan planet kerdil di tata surya yang jauh dan kita baru melihat ujung dari gunung esnya,” ucap Scott Sheppard, astronom  Carnegie Institution for Science di Washington DC silansir Nationalgeographic.com.

Yang menarik dari penemuan ini, orbit ketiga planet minor tersebut ditemukan mengumpul seakan-akan dipengaruhi oleh sebuah gravitasi dari objek yang lebih besar. Lebih lanjut, astronom kemudian menduga bahwa objek misterius ini adalah planet kesembilan yang memiliki ukuran sangat besar.

Astronom telah lama menduga adanya planet kesembilan yang terletak lebih jauh dari Pluto. Sebuah area misterius yang disebut dengan Awan Oort. Awan komet teoritis ini berbentuk bulat yang dipercaya berada di sekitar 1Xe15 m/50.000 hingga 1Xe16 m/100.000 AU dari matahari.

Konstantin Batygin, seorang assistant professor bidang ilmu planet di Caltech yang mempelajari simulasi teoritis dari adanya planet kesembilan, mengatakan bahwa temuan ini adalah hal yang luar biasa.

Batygin mengatakan, walalupun sudah berabad-abad melakukan survei, pemahaman kita akan tata surya masih belum lengkap. Temuan ini kemudian dipandang sebagai salah satu tanda mengenai keberadaan planet kesembilan.(Loretta/ngo)

Reporter: Loretta/ngo
Editor: Chelll

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan