Pemprov Kalsel Gelontor Rp 4 Miliar untuk Sukseskan HPS di Batola - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kota Banjarbaru

Pemprov Kalsel Gelontor Rp 4 Miliar untuk Sukseskan HPS di Batola

Diterbitkan

pada

Pemprov mengalokasikan Rp 4 miliar untuk pelaksanaan HPS di Batola Foto : net

BANJARBARU, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kalsel Suparno mengatakan, dana untuk menyukseskan peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) Tahun 2018 yang secara nasional dipusatkan di Desa Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala sekitar Rp 4 miliar.

“Dana untuk menyukseskan HPS 2018 yang dipusatkan di Jejangkit Kecamatan Mandastana, Barito Kuala (Batola) itu pengalokasian melalui Dinas Ketahanan Pangan Kalimantan Selatan (Kalsel),” ujarnya, Selasa (14/8).

Rapat paripurna istimewa DPDR Kalsel itu dalam rangkaian peringatan ke-68 Hari Jadi (Harjad) provinsi tertua dengan wilayah terkecil di Kalimantan yang kini terdiri atas lima provinsi tersebut. Ia menambahkan, dana sekitar Rp4 miliar tersebut khusus untuk kegiatan/pelaksanaan hari puncak peringatan HPS 2018 di Jejangkit, dan untuk menyukseskan melibatkan semua/berbagai pihak. “Dana itu termasuk untuk expo teknologi pertanian dan lainnya,” lanjutnya.

“Sedangkan untuk kesiapan infrastruktur atau sarana dan prasarana lainnya ditopang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) serta Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura provinsi setempat,” tambah Suparno dilansir Antara.

Ia menyatakan, pascakegiatan HPS 2018 nanti semua lahan akan diserahkan kepada masyarakat setempat yang dikelola 50 Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan). “Kita berharap, pascakegiatan HPS 2018 itu pula masyarakat Desa Jejangkit akan merasakan kemajuan yang signifikan, terutama pemanfaatan lahan tidur yang sudah digarap sebagai penopang perekonomian,” tuturnya.

Selain itu, sekaligus menjadi lumbung padi dengan serapan gsbah petani sebagai cadangan pangan pemerintah/nasional dalam upaya mewujudkan kedaulatan pangan. “Saya optimis, bahwa pemerintah daerah yang dibantu beberapa pihak, khususnya TNI, mampu menyukseskan HPS 2018 sebagai jawaban dan tantangan pemerintah pusat ysng menunjuk Kalsel sebagai tuan rumah kegiatan pertanian berskala nasional dan internasional,” jelasnya. (cel/ant)

Reporter : Cel/ant
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
  • 2
    Shares
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan