Connect with us

Kabupaten Barito Selatan

Pemkab Barsel Siapkan Rumah Singgah Pasien Positif Covid-19

Diterbitkan

pada

Sekda Barsel Eddy Purwanto. Foto: digdo

KANALKALIMANTAN.COM, BUNTOK – Tim Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid-19 Kabupaten Barsel menggelar Rapat Kordinasi (Rakor) terkait rencana rumah singgah pasien Covid-19 di aula Setda Barsel.

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Barsel Eddy Purwanto mengatakan, pihaknya menggelar Rakor berkenaan dengan pembuatan rumah singgah bagi pasien positif berdasarkan hasil swab.

“Jadi rumah singgah ini rencananya dipergunakan sebagai tempat penanganan pasien yang memang positif corona berdasarkan hasil swab,” kata Eddy kepada Kanalkalimantan.com, Kamis (23/7/2020) pagi.

Baca juga: ‘Sakit Kepala’ Petarung Independen di Pilkada 2020, Calon Parpol Mulai Lobi Limpahan Suara!



Ia mengatakan,berdasarkan informasi pembuatan rumah singgah ini sekaligus membantu pihak Provinsi Kalteng dalam penanganan Covid-19.  Karena saat ini kapasitas RS Doris Sylvanus Palangakaraya, RS Bhayangkara, RS TNI Angkatan Darat sudah tidak memenuhi kapasitas dalam menampung pasien Covid-19.

“Saat ini untuk pasien covid sendiri terus bertambah, makanya berdasarkan hasil vidcon bersama Menteri Dalam Negeri dan Gubernur Kalteng, pemerintah daerah disarankan membantu dapat menangani pasien Covid-19,” jelas Eddy.

Rumah singgah sendiri nantinya ditujukan kepada pasien yang positif Covid-19, namun tanpa gejala, sehingga saat dikarantina nanti bisa dilakukan penanganan secara prioritas.

Baca juga: Sikapi Perpres Jokowi, GTPP Kalsel: Kami Masih Bekerja dan Tunggu Arahan

“Sehingga saat kita tangani kita bisa melakukan pengawasan dan penanganan secara langsung, lain hal kalau mereka dilakukan isolasi secara mandiri kita tidak bisa menjamin kesadaran mereka dalam mentaati aturan secara pasti,” ujar Eddy.

Ditambahkan olehnya, Gugus Tugas Covid-19 Barsel siap mendukung Pemerintah Provinsi Provinsi Kalteng, apa bila diminta dalam membantu menangani covid-19 ini.

“Yang pasti hingga saat ini kita masih menunggu apa bila di ijinkan Balai UPT BLK Provinsi yang ada di Barsel, sebagai tempat rumah singgah nantinya dalam menangani pasien covid-19 ini,” pungkas Eddy. (kanalkalimantan.com/digdo)

Reporter : digdo
Editor : bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->