Connect with us

HEADLINE

Pantau Kesiapan PSU Pilwali Kota Banjarmasin, Komisioner KPU RI Sambangi Sejumlah TPS

Diterbitkan

pada

Kedatangan komisioner KPU pusat meninjau pelaksanaan PSU di Banjarmasin. Foto: tius

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilwali Kota Banjarmasin, mendapat perhatian khusus KPU pusat.

Hal tersebut, terbukti dengan kehadiran langsung Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arief Budiman ke Banjarmasin untuk memantau secara langsung proses jalannya PSU yang akan dilaksanakan di tiga kelurahan yakni Kelurahan Mantuil, Kelurahan Murung Raya dan juga Kelurahan Basirih Selatan.

Kedatangan Arief Budiman yang juga menjabat Divisi SDM, Organisasi, Diklat dan Litbang KPU RI ini dalam rangka memastikan kesiapan TPS serta memastikan seluruh perangkat TPS memahami Pelaksanaan PSU.

Baca juga: Jelang PSU di Kelurahan Murung Raya, Logistik Pilkada Banjarmasin Rampung Terdistribusi



 

Kedatangan komisioner KPU pusat meninjau pelaksanaan PSU di Banjarmasin. Foto: tius

“Kita lakukan monitoring, dan melihat langsung ke lapangan bagaimana kesiapannya. Kami ingin memastikan kesiapan SDM, juga memastikan mereka paham regulasi dan bagaimana menjalankannya,” kata Arief Budiman, kepada kanalkalimantan.com, Selasa (27/4/2021) malam.

“Kami berkoordinasi dengan KPU, saya tanya semua hal mulai dari anggaran, kesiapan logistik dan sebagainya. Mereka sudah siapkan semua, dan sekarang kami lihat di lapangan apakah benar? Jangan-jangan ada fakta berbeda,” tambahnya.

Lebih lanjut, Arief Budiman berharap kedatangannya ini bisa memberikan semangat, sehingga mampu mendongkrak partisipasi pemilih di daerah tersebut.

Baca juga: Pj Gubernur Safrizal: Tak Ada Open House Kepala Daerah

“Penting bagi kami untuk memastikan kesiapan penyelenggara, juga memberikan semangat kepada petugas TPS dan warga di sini. Memang tidak semua TPS bisa kami kunjungi, tapi semoga semangat ini bisa ditularkan kepada TPS-TPS lain,” tandasnya.

Dirinya berharap, pelaksanaan PSU Pilwali kota Banjarmasin ini berjalan dengan lancar, sebagaimana perintah Mahkamah Konstitusi (MK) dan ketentuan Perundang-undangan yang berlaku.

“Untuk itu, kesuksesan PSU ini butuh dukungan dari semua pihak, termasuk penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU, Bawaslu, aparat keamanan, dukungan fasilitas Pemerintah daerah. Dan yang paling penting, Pemilih tahu apa yang harus mereka lakukan,” tuturnya..

Sementara itu Lurah Basirih Selatan, Masrani mengatakan, kedatangan Arif Budiman, bisa memberikan dampak yang signifikan terhadap pelaksanaan PSU ini.

“Ini bisa menarik warga, untuk menggunakan hak pilihnya. Sehingga, partisipasi pemilih bisa lebih banyak lagi,” kata Masrani.

Disinggung terkait partisipasi pemilih didaerahnya pada PSU ini, Masrani menarget warga yang menggunakan hak pilihnya mencapai 80%.

“Kita harap persentasi mencapai 80%. Target ini meningkat dibanding pemilu kemarin, yang hanya sekitar 50%,” pungkasnya. (kanalkalimantan.com/tius)

Reporter: tius
Editor: cell


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->