Connect with us

Kabupaten Kapuas

Pansus II DPRD Kapuas Gelar Rapat, Ini Raperda yang Dibahas

Diterbitkan

pada

Anggota DPRD Kapuas, Darwandie. Foto: ags

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS – Panitia Khusus (Pansus) II DPRD Kabupaten Kapuas menggelar rapat pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang perubahan kedua atas Perda Nomor 10 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah, Kamis (25/4/2024) siang.

Rapat pembahasan berlangsung di ruang rapat gabungan komisi dipimpin Anggota DPRD Kapuas, Darwandie. Rapat dihadiri sejumlah anggota Pansus dan kepala organisasi perangkat daerah terkait.

Menurut Darwandie dalam proses pembentukan Raperda ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Pertama adalah tahapan perencanaan Perda itu sendiri.

Baca juga: Kasus Cuci Uang Narkoba Fredy Pratama, Sang Ayah Divonis 20 Bulan Penjara 

“Selain tahapan perencanaan juga ada tahapan pembahasan, penetapan dan pembentukan Perda. Hari ini kita pada posisi pembahasan,” ujarnya.

Darwandie mengatakan setelah dilakukan perubahan kedua atas Perda 10 tahun 2016, maka nanti struktur organisasi di lingkup Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Kapuas akan mengalami perubahan.

“Yang pertama akan ada penambahan dinas baru, itu direncanakan. Kemudian juga nomenklatur di Bappeda juga akan berubah,” katanya.

Baca juga: Lepas Kafilah ke MTQ Provinsi, Bupati Banjar Optimistis Juara Umum Lagi

Masih lanjut Darwandie, kalau dulu Bappeda ada perencanaan dan penelitian atau litbang, nanti tidak ada lagi, diubah menjadi pembentukan badan riset dan inovasi daerah (Brida).

“Jadi, Brida ini sebenarnya dalam amanahnya bisa dibentuk lembaga tersendiri atau bisa juga masih gabung di Bappeda, tapi dia akan lebih luas lagi kewenangannya,” beber Darwandie.

“Karena nanti di daerah ini perencanaan pembangunan itu diawali hasil riset dulu. Kemudian dilakukan perencanaan melalui beberapa mekanisme seperti musrenbang, pokok pikiran DPRD dan lain sebagainya,” pungkas Darwandie. (Kanalkalimantan.com/ags)

Reporter: ags
Editor: kk


iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->