Connect with us

Politik

Pangdam Mulawarman : Sinergisitas TNI-Polri Amankan Pemilu

Diterbitkan

pada

Malam pengantar tugas untuk Brigjen TNI Syaiful Rahman SSos berlangsung di Mahligai Pancasila Banjarmasin, Rabu (16/1) malam. Foto : Mario

BANJARMASIN, Malam pengantar tugas untuk Brigjen TNI Syaiful Rahman SSos berlangsung di Mahligai Pancasila Banjarmasin, Rabu (16/1) malam. Danrem 101 Antasari yang akan mendapat tempat tugas baru di Kupang, Nusa Tenggara Timur ini, digantikan Kolonel Inf M. Syech Ismed SE MHan sebagai Danrem 101/Antasari yang baru.

Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto mengatakan, pergantian ini merupakan hal yang wajar dalam organisasi. “Yang jelas, Danrem yang lama dipromosi menjadi Danrem tipe A,” ucapanya.

Ia beharap Danrem yang baru agar bisa menyesuaikan apa yang sudah dirintis oleh pendahulunya. Apalagi dalam waktu yang tidak lama lagi pesta demokrasi akan berlangsung. “Banyak kegiatan yang akan dihadapi, terutama di Kalsel. Apalagi 17 April nanti kita pesta demokrasi Pileg dan Pilpres,” lanjutnya.

Untuk membantu dan mendukung pengamanan dan kelancaran Pilpres dan Pileg nanti, pihak TNI bersinergi dengan pihak kepolisian. Subiyanto memastkan akan mendukung kepolisian dengan menyiapkan kekuatan 2/3 dari kekuatan kepolisian.
Di tiap-tiap Kodim akan dipersiapkan pasukan kira-kira berjumlah 1 pleton. Sedangkan pasukan yang ada di batalyon dipersiapkan untuk berjaga-jaga jika Kodim meminta bantuan perkuatan.

Sinergisitas antara TNI dan kepolisian ini merupakan kesepakatan antara dua belah pihak untuk saling memabantu sejak adanya MoU. “Yang jelas sudah berlatih bersama,” tambah Subiyanto.

Untuk tingkat potensi kerawanan yang harus diwaspadai, terutama di Kalsel adalah bukan rawan kerusuhan melainkan kerawanan pendistribusian logistik. Karena menurutnya masih banyak daerah yang jauh hingga ke perbatasan dan pedalaman.

“Ambil contoh Mahakam Ulu dan dan Marino. Wilayah tersebut benar-benar bergantung dengan angkutan udara. Meskipun bisa menggunakan jalur sungai dan laut, tapi tetap akan memakan waktu yang sangat lama,” beber Pangdam.

Sementara itu Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor mengucapkan selamat dan sukses untuk Danrem lama di wilayah baru. Ia yakin bahwa sinergisitas yang dilakukan TNI-Polri akan sangat bagus ke depannya. (mario)

Reporter : Mario
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 2
    Shares