Connect with us

Kota Banjarbaru

Layanan Jemput Bola Hingga Bisa Bikin KTP Sabtu-Minggu, Kadisdukcapil Banjarbaru: Jangan Lagi Lewat Calo!

Diterbitkan

pada

Kadisdukcapil Banjarbaru Sri Fatma Karmalita. Foto: ibnu

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Praktek percaloan layanan publik kependudukan tak pernah dilaporkan, tapi masyarakat kota Banjarbaru diwanti-wanti tidak mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP) melalui jasa calo.

Begitu juga untuk dokumen kependudukan lainnya, seperti Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA) akta lahi, serta akta kematian sebaiknya diurus sendiri.

”Kalau lewat calo yang rugi masyarakat itu sendiri,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarbaru Sri Fatma Karmalita kepada Kanalkalimantan.com, Minggu (31/10/2021).

Pengurusan KTP dan dokumen kependudukan lainnya, anjur Fatma, sebaiknya dilakukan sendiri, karena prosesnya sudah sangat mudah. Bahkan proses penerbitan KTP tidak dipungut biaya. “Syaratnya mudah, cukup membawa kelengkapan administrasi yang sudah dipersyaratkan Dinas Dukcapil Banjarbaru,” kata Fatma.



 

 

Baca juga: Pendekar Silat Bikin Rusuh di Lamongan, Perguruan Bakal Dibekukan

Apabila masyarakat tidak sempat datang ke kantor Disdukcapil Banjarbaru, bisa mengurusnya via online, nanti akan ada kurir yang mengantar ke rumah “Jebol Siskamling” alias jmput bola sistem perekaman keliling. Pelayanan dilakukan bergantian per kelurahan dan Peri Tugu (Pelayanan Hari Sabtu Minggu) di depan kantor Disdukcapil Provinsi Kalsel, di kawasan lapangan Murjani.

Fatma menegaskan apabila staf Disdukcapil Banjarbaru ada yang melakukan praktek percaloan, dengan tegas akan diberi sanksi.

“Dulu kasus percaloan banyak di Kota Banjarbaru, sekarang Alhamdulillah tidak terdengar lagi. Kalau ada yang bermain di sini (Disdukcapil) maka akan diberhentikan dan PNS-nya siap-siap out silahkan, terakhir tahun 2020 kemarin sudah ada dua orang yang diberhentikan,” tegasnya.

Baca juga: Update Covid-19 Global: Vaksinasi Baru 33 Persen, Rusia Alami Lonjakan Kasus dan Kematian

Disdukcapil Kota Banjarbaru terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan dengan ikhlas dan mengharapkan kepada seluruh masyarakat untuk tidak buta informasi dan tidak pernah takut dalam melakukan urusan ke pemerintahan, khususnya ke Disdukcapil Kota Banjarbaru. (kanalkalimantan.com/ibnu)

Reporter : ibnu
Editor : bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->