Connect with us

INTERNASIONAL

Update Covid-19 Global: Vaksinasi Baru 33 Persen, Rusia Alami Lonjakan Kasus dan Kematian

Diterbitkan

pada

Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Dok. Envato)

KANALKALIMANTAN.COM – Pekan terakhir di bulan Oktober 2021, kasus Covid-19 telah lebih dari 247,11 juta, bertambah 380.739 kasus dalam sehari. Sementara angka kematian tembus 5 juta setelah ada tambahan 5.915 orang meninggal akibat infeksi virus corona tersebut, data pada situs worldometers per Minggu (31/10) pukul 08.00 WIB.

Kasus positif baru di dominasi Inggris dan Rusia yang sama-sama melaporkan lebih dari 40 ribu. Sedangkan kematian harian paling banyak masih terjadi di Rusia yang menjadi satu-satunya negara yang melaporkan lebih dari seribu jiwa meninggal dalam sehari.

Lonjakan kasus telah terjadi selama beberapa minggu di Rusia. Negara itu hanya melakukan penguncian selama beberapa bulan saat awal pandemi tahun lalu. Setelah itu, aktivitas masyarakat kembali seperti biasa.

Baru beberapa hari terakhir, pihak berwenang mulai memprioritaskan kehidupan di luar sektor ekonomi. Terutama di ibukota Moskow, di mana layanan yang tidak penting harus tutup selama 11 hari sejak Kamis (28/10). Gerai ritel, restoran, dan tempat olahraga juga hiburan semuanya harus ditutup. Termasuk juga sekolah dan taman kanak-kanak.



 

 

Baca juga: Lanal Kotabaru Kembali Gelar Vaksinasi Warga Pesisir

Hanya toko yang menjual makanan, obat-obatan, dan kebutuhan pokok lainnya yang boleh tetap buka. Sedangkan restoran hanya mengizinkan para tamu untuk membawa pulang makanan.

Dikutip dari NzHerald, masyarakat Rusia juga banyak yang keras kepala tidak mau divaksinasi Covid-19. Meskipun vaksin yang disuntikkan merupakan buatan negaranya sendiri, Sputnik V.

Hingga saat ini, baru 33 persen masyarakat di sana yang sudah divaksinasi dua dosis. Angka tersebut jauh di bawah negara-negara lain di Eropa yang rata-rata sudah mencapai 59 persen tervaksinasi dua dosis.

Akibat dari itu, kematian pada pasien Covid-19 di Rusia terus meningkat. Rusia telah mencatat hampir 8,4 juta kasus virus corona dengan lebih dari 235.000 kematian sejak awal pandemi.

Baca juga: Mobil Pelat Merah Halangi Ambulans di Klaten, Publik Geram

Namun, angka-angka yang diterbitkan oleh badan statistik Rosstat pada Oktober memperkirakan kematian yang lebih buruk dengan lebih dari dari 400.000 orang telah meninggal di Rusia akibat terinfeksi Covid-19. (Suara.com)

Editor: suara


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->