Laskar Antasari Naik Tiga Peringkat ke Posisi 9 - Kanal Kalimantan
Connect with us

Sepak Bola

Laskar Antasari Naik Tiga Peringkat ke Posisi 9

Diterbitkan

pada

Barito Putera Foto : barito putera

BANJARMASIN, Laga Barito Putera vs Mitra Kukar dalam lanjutan pekan ke-31 GoJek Liga 1 2018 di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Sabtu (17/11/2018) berakhir dengan skor 2-1. Brace Matias Cordoba hanya mampu dibalas satu gol oleh Aldino Herdianto pada pengujung laga.

Dengan raihan tiga poin yang diamankan Barito Putera di pertandingan sore hari ini, anak asuh Jacksen F Tiago kini naik ke posisi 9 atau naik tiga peringkat. Samsul Arif dan kawan-kawan mengemas sebelas kali kemenangan, sepuluh kali seri, dan sepuluh kali kalah dengan total poin 43.

Sebaliknya, kekalahan yang diderita Mitra Kukar membuat skuat asuhan Rahmad Darmawan itu masih tertahan di peringkat ke-14 dengan poin 36. Mereka membukukan sebelas kali kemenangan, tiga kali seri, dan 17 kali kalah. Poin yang dimiliki Naga Mekes kini sama dengan dua tim lainnya, yakni PS TIRA dan Sriwijaya FC.

Jacksen F Tiago mengandalkan formasi 4-2-1-3 dalam pertandingan kali ini. Tiga penyerang di lini depan diisi Samsul Arif, Douglas Packer, dan Marcel Sacramento. Sementara lini tengah dikomandoi Paulo Sitanggang. Adapun lini belakang dipercayakan kepada duet Aaron Evans dan M Rifqi yang melapisi M Riyandi di posisi penjaga gawang.

Di kubu lawan, Mitra Kukar turun dengan skema 3-4-3. Gerri Mandagi ditunjuk di posisi penjaga gawang, ia dibantu Dedy Gusmawan, Mauricio Leal, dan Saepuloh Maulana. Sementara di lini tengah, Danny Guthrie diplot sebagai pengatur serangan, adapun Hendra Bayauw, Dedi Hartono, dan Fernando Rodriguez menjadi trisula yang bertugas membongkar lini pertahanan lawan.

Nirgol di Babak Pertama

Babak pertama baru berjalan enam menit, Laskar Antasari mendapatkan peluang pertama lewat kaki Marcel Sacramento. Menerima umpan dari sayap kiri, pemain asal Brasil itu mengontrol bola dan akhirnya melepaskan tendangan salto. Namun, sepakannya masih melebar di sisi kiri gawang Gerri Mandagi.

Peluang Mitra Kukar yang berpotensi menghasilkan gol baru tercipta pada menit ke-14 melalui tendangan bebas Dedi Hartono. Bola sepakan Dedi berhasil mengarah ke gawang, akan tetapi sepakannya masih bisa diantisipasi oleh M Riyandi. Skor masih tetap 0-0.

Tak mau kalah, Laskar Antasari hampir saja menggetarkan gawang Naga Mekes pada menit ke-20 andai sepakan Samsul Arif dari jarak dekat tak mampu ditepis Gerri. Peluang tersebut terjadi lantaran adanya salah komunikasi dari para pemain belakang Mitra Kukar.

Anak asuh Jacksen benar-benar terlihat ingin meraih kemenangan di laga ini. Empat menit berselang setelah peluang Samsul Arif, giliran Nazar Nurzaidin yang mempunyai peluang emas akan tetapi tendangan masih menerpa mistar gawang.

Jual beli serangan terjadi. Pada menit ke-33, giliran Danny Guthrie yang hampir saja mencatatkan namanya di papan skor. Sayang, sundulannya yang tak terantisipasi M Riyandi masih bisa diselamatkan pemain belakang Barito Putera.

Di akhir-akhir babak pertama, kedua tim menurunkan tempo. Skor 0-0 mengakhiri babak pertama setelah wasit Nasrul Fadilah meniupkan peluit tanda berakhirnya paruh pertama.

Pecah Kebuntuan di Babak Kedua

Barito Putera mencoba mengincar gol di awal babak kedua. Pada menit ke-55, Marcel Sacramento memiliki ruang tembak di dalam kotak penalti, ia lalu melepaskan sepakan keras ke arah gawang akan tetapi Gerri Mandagi yang berada di posisi tepat masih bisa menepisnya, bola keluar lapangan dan hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Empat menit kemudian, giliran M. Riyandi yang melakukan penyelamatan gemilang setelah menepis sundulan Dedy Gusmawan memanfaatkan tendangan penjuru Dedi Hartono. Skor tetap 0-0.

Gol yang ditunggu-tunggu pendukung Barito Putera akhirnya tiba pada menit ke-59 melalui Matias Cordoba. Diawali aksi dari Marcel Sacramento di kotak penalti, bola diarahkan ke area yang kosong, tak tersentuh dengan sempurna Samsul Arif, bola liar mampu dikonversi Cordoba lewat tendangan keras menyusur tanah yang sekaligus merobek jala Gerri Mandagi. Skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Tak puas dengan keunggulan sebiji gol, Laskar Antasari menambah keunggulan lewat brace Matias Cordoba pada menit ke-75. Ady Setiawan yang masuk menggantikan Paulo Sitanggang mampu melakukan penetrasi ke kotak penalti. Ia lalu memberi umpan pendek kepada Marcel Sacramento untuk kemudian melakukan cut back dan mampu dimanfaatkan Matias Cordoba untuk mencetak gol keduanya di laga ini. Skor 2-0.

Lima menit jelang laga usai, Naga Mekes berusaha untuk memperkecil ketertinggalan. Beberapa pergantian pemain pun dilakukan Rahmad Darmawan guna menghasilkan angka. Tak hanya itu, serangan demi serangan pun gencar dilakukan di pengujung laga. Hasilnya, pemain pengganti Aldino Herdianto mampu menciptakan gol di pengujung laga babak kedua. Skor pun berubah menjadi 2-1.

Tak lama setelah gol yang dibuat Mitra Kukar, wasit meniupkan peluit pertanda berakhirnya pertandingan untuk kemenangan Barito Putera. Dengan hasil ini, Laskar Antasari naik tiga peringkat ke posisi sembilan klasemen sementara.

Susunan Pemain Barito Putera vs Mitra Kukar

Barito Putera: M. Riyandi; Nazar Nurzaidin; Aaron Evans; M. Rifqi; Roni Beroperay; Matias Cordoba; M. Rafi; Paulo Sitanggang; Samsul Arif; Marcel Sacramento; Douglas Packer.

Cadangan: Aditya Harlan; Ady Setiawan; Jajang Sukmara; Fajar Handika; Nazarul Fahmi; Moch. Nico; T.A Musafri.

Mitra Kukar: Gerri Mandagi; Dedy Gusmawan; Mauricio Leal; Saepuloh Maulana; Andrea Agustiar; Danny Guthrie; Luthfi Kamal; Roni Rosadi; Hendra Bayauw; Fernando Rodriguez; Dedi Hartono.

Cadangan: Yoo Jae Hoon; Bobby Satria; Arif Suyono; M. Bahtiar; Aldino Herdianto; Anindito Wahyu; Rendy Siregar. (trto/bie)

Reporter : Trto/bie
Editor : KK

Bagikan berita ini!