Land Rover Jokowi Bermesin V8 3500 cc, Dikenal Handal di Australia hingga Afrika - Kanal Kalimantan
Connect with us

Otomotif

Land Rover Jokowi Bermesin V8 3500 cc, Dikenal Handal di Australia hingga Afrika

Diterbitkan

pada

Joko Widodo atau Jokowi dan KH Ma'aruf Amin mendatangi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan menumpang mobil Land Rover V8 bak terbuka. Foto : net

Calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo atau Jokowi dan KH Ma’aruf Amin mendatangi pengundian nomor urut di Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan menumpang mobil Land Rover V8 terbuka berwarna putih dan abu-abu berpelat B 2741 FK. Saat mengantar Jokowi dan KH Ma’aruf Amin, mobil itu dihiasi lampu kelap-kelip ala karnaval atau seperti mobil odong-odong. Di belakang mobil tersemat bendera merah-putih. Sontak, pendukung Jokowi-Ma’aruf langsung berteriak. “Jokowi presiden… Jokowi aku akan selalu menjagamu…”

Di dalam mobil bak terbuka itu, Jokowi tampak berdampingan dengan KH Ma’aruf Amin, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Ipang Wahid, dan ketua tim pemenangannya, Erick Thohir. Seluruhnya mengenakan kemeja putih, layaknya kostum kabinet kerja Jokowi.

Mobil Land Rover ini bertipe Stage One V8 yang menggendong mesin V8 3500 cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 135 horse power cukup bertenaga di zamannya. Mobil ini diproduksi sekitar tahun 1979-1985.

Mobil ini dibuat untuk menghadapi medan yang berat menjangkau daerah terpencil yang saat itu pemerintah Inggris bertekad mencanangkan pemerataan pembangunan. Mobil ini juga untuk menyaingi kompetitor yaitu Toyota Land Cruiser yang lebih dulu menggunakan penggerak 4×4. Mesinnya pun telah mengalami evolusi dari awalnya hanya 2,3 liter kemudian menjadi 3,8 liter yang lebih bertenaga. Hanya konsekuensinya konsumsi bahan bakar cukup boros.

Pada tahap selanjutanya, mobil ini berbagi suku cadang dengan Range Rover soal mesin dan transmisi. Menggunakan gearbox Range Rover membuat mobil ini menjadi Land Rover pertama dengan penggerak empat roda permanen. Mobil ini juga bisa andalkan untuk melewati medan buruk. Wheelbase yang panjang juga turut membantu stabilitas saat melewati jalur yang sulit. Kesuksesan Land Rover V8 telah membawanya masuk pasar ekspor ke Australia, Timur Tengah, dan Afrika. (tmp)

Reporte: Tmp
Editor: Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 26
    Shares
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan