Connect with us

RELIGI

Keutamaan Nisfu Syaban dan Amalan yang Dianjurkan

Diterbitkan

pada

Ilustrasi Malam Nisfu Syaban. Foto: pexels.coM

KANALKALIMANTAN.COM – Peringatan Malam Nisfu Syaban 1442 H jatuh pada malam ke-15 bulan Sya’ban ini di tahun 2021 akan jatuh pada hari Minggu, 28 Maret 2021.

Pada Malam Nisfu Syaban, terdapat banyak amalan sunah yang dapat dijalankan umat muslim untuk mendapat ridho serta pahala dari Allah SWT.

Dikutip dari Suara.com, salah satu amalan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dalam menyambut malam Nisfu Sya’ban adalah dengan berpuasa. Tidak ada aturan khusus dalam melaksanakan puasa di bulan Nisfu Syaban.

Namun, apabila Anda ingin berpuasa di malam Nisfu Syaban Anda dapat melakukannya saat Ayyamul Bidh 13 Syaban, Ayyamul Bidh 14 Syaban serta Ayyamul Bidh 15 Syaban yang dimulai dari tanggal 27 Maret sampai 29 Maret.



Sebelum memulai puasa di bulan Nisfu Syaban ataupun malam Nisfu Syaban, Anda dapat membaca niat puasa berikut:

“NAWAITU SHAUMA GHADIN’AN ADA’I SUNNATI SYA’BANA LILLAHI TA’ALA”

Artinya: “Aku berniat puasa sunah Syaban esok hari karena Allah SWT.”

Selain itu, malam Nisfu Syaban yang akan jatuh pada hari Minggu, 28 Maret 2021 kelak juga dapat Anda sambut dengan memperbanyak doa.

Baca juga : Menangkan H2D, Partai Gelora Kalsel Deklarasikan Gerakan Kawal TPS Saat PSU

Pada malam yang mulia ini, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa sebaik-baiknya umat muslim menghabiskannya dengan memperbanyak doa:

“Allah Ta’ala memberikan perhatian-Nya kepada seluruh makhluk-Nya pada malam Nishfu Sya’ban. Dan Allah Ta’ala mengampuni seluruh makhluk-Nya kecuali orang yang musyrik dan orang yang saling berdengki satu sama lain.” (HR At-Thabrani dari Muadz bin Jabbal radhiallahu ‘anhu).

Tidak ada doa khusus yang diperintahkan untuk dibacakan dalam menyambut malam nisfu sya’ban, namun ada satu doa yang kerap dilantunkan untuk menghidupkan malam nisfu sya’ban, seperti berikut:

“Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu anni’. Allahumma inni as alukal ‘afwa wal ‘afiyata wal mu’afaatad daimata fid dunya wal akhirati.”

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Mulia. Engkau menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku. Ya Allah, sesungguhnya aku betul-betul memohon maaf kepada-Mu, dan kesehatan dan kecukupan di dunia dan akhirat.”

Selain itu Imam Asy-Syafi’i berkata bahwa pada malam Nisfu Syaban biasanya membaca Surat Yasin sebanyak 3 kali dimana masing-masing mewakilkan perminyaan kepada Allah dalam memohon umur yang Panjang, kemurahan rezeki serta diberi keteguhan iman (wafat husnul khatimah).(Suara)

Editor : Suara

 

 


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->