Kementan: Gubernur Sahbirin Mampu Gerakkan Sektor Pertanian Kalsel! - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kota Banjarbaru

Kementan: Gubernur Sahbirin Mampu Gerakkan Sektor Pertanian Kalsel!

Diterbitkan

pada

BANJARBARU, Upaya Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyukseskan acara Hari Pangan Sedunia (HPS) di Desa Jejangkit Batola mendapat pujian dari Kementerian Pertanian. Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan Pending Dadih Permana bahkan menyatakan Sahbirin berhasil menggerakkan seluruh potensi di Kalsel untuk peduli pada pertanian.

Dilansir Antaranews.com, Pending mengatakan sukses gelar HPS di Kalsel beberapa waktu lalu tak lepas dari totalitas Gubernur Kalsel dalam mewujudkan lahan pertanian. “Beliau selalu ada dan berkoordinasi dengan kementerian pertanian. Waktu saya mau datang ke Kalsel, gubernur selalu ada. Bahkan menunggu kedatangan kami yang terlambat,” ungkapnya.

Ia bahkan melihat langsung bagaimana sosok Sahbirin yang terjun langsung melakukan tanam padi bersama masyarakat hingga menunggui proses pembuatan lahan. “Semangat beliau sungguh luar biasa,” katanya.

Melalui keteladanan itulah, Sahbirin mampu menggerakkan semua komponen masyarakat untuk berpartisipasi dalam menanam padi di lahan HPS di Desa Jejangkit Muara. Sehingga Kalsel akan tercatat dalam sejarah pertanian, sebagai salah satu penyelenggara HPS terbaik dan termewah sepanjang sejarah.

Menurut Pending, Kalsel menjadi salah satu daerah di Indonesia yang akan menjadi lumbung pangan dunia di 2045 mendatang. “Kalau boleh saya katakan satu kata untuk Kalsel, yaitu Kalsel Luar Biasa. Kalau boleh ditambah satu kata, Kalsel sangat luar biasa. Kalau boleh ditambahkan satu kata lagi, maka Kalsel sangat-sangat luar biasa,” jelasnya.

Kemauan kuat Gubernur mengembangkan pertanian di Desa Jejangkit, yang dibuktikan dengan selalu berada di lokasi pelaksanaan HPS, mampu menggerakkan seluruh komponen masyarakat untuk ikut bertani di daerah tersebut.

Bukan hanya sebagian besar bupati dari berbagai kabupaten di Kalsel, yang secara bergiliran ikut menanam padi di sawah, tetapi juga sektor perbankkan, swsata, pelajar, mahasiswa, wartawan, TNI, kepolisian dan lainnya, ikut berpartisipasi menanam padi di lokasi tersebut.

Sebelumnya, Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-38 2018 yang mulai digelar sejak 18 Oktober lalu, resmi ditutup Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, Minggu (21/10) pagi, di Halaman Kantor Setdaptov Kalsel. Gubernur Kalsel mengaku bangga atas kesuksesan penyelenggaraan HPS yang untuk pertama kalinya di selenggarakan di Provinsi Kalsel. “Terima kasih dan rasa bangga saya sampaikan kepada semua pihak yang telah terlibat bekerja keras siang dan malam mempersiapkan acara ini, hingga berlangsung dengan sukses,” katanya.(rico/ant)

Reporter: Rico/ant
Editor: Chell

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan