Connect with us

Kota Banjarbaru

KaTa Kreatif Kemenparekraf, Kota Banjarbaru Sodorkan Ekraf Sektor Kriya

Diterbitkan

pada

Sandiaga Uno saat mendatangi workshop KaTa Kreatif hadir di Banjarbaru yang dihadiri 35 peserta dari pelaku ekonomi kreatif dari sektor kriya dan sektor kuliner. Foto: ibnu

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Kabupaten Kota (KaTa) Kreatif 2022 resmi di launching Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiago Uno pada Januari 2022 lalu.

Bertempat di Mess L Banjarbaru, workshop KaTa Kreatif hadir di Banjarbaru yang dihadiri 35 peserta dari pelaku ekonomi kreatif dari sektor kriya dan sektor kuliner, Jumat (3/6/2022).

Sandiaga Uno mengatakan dalam KaTa Kreatif tahun ini Banjarbaru menyodorkan sub sektor kriya untuk sektor unggulannya.

“Dalam satu tahun ke depan kita akan memastikan para pelaku ekonomi sub sektor kriya terfasilitasikan sehingga dapat kita lakukan penetapan bahwa Kota Banjarbaru kota kreatif sub sektor kriya,” ujarnya.



 

Baca juga  : 16 Korban KM Ladang Pertiwi Belum Ditemukan, Operasi SAR Dilanjutkan

Selama satu tahun kedepan Kemenparekraf RI akan melakukan uji petik terhadap pelaku ekonomi kreatif sub sektor kriya di Kota Banjarbaru dengan memakai sistem bottom up.

“Proses uji petik ini adalah proses bottom up dimana pemerintah pusat bersama pemerinta provinsi dan pemerintah kota memfasilitasi,” bebernya.

Dirinya berharap dengan adanya KaTa Kreatif merupakan momentum kebangkitan ekonomi serta terbukanya lapangan kerja

Dilanjutkannya, pada saat melakukan sharing bersama pelaku ekraf Banjarbaru, Sandiaga juga mendukung pengembangan produksi hingga komitmen dampingi pelaku UMKM urus perizinan.

 

Baca juga  : Soal Penghapusan Honorer di 2023, Ini Kata Ketua Forum Honorer HSU

Hal ini diungkapkan Sandiaga Uno ketika dirinya melakukan dialog dengan salah satu pelaku ekraf dari Rumah Kreatif Bonka Borneo Ningsih. Disebutkan, ia sudah memecahkan masalah konkrit dari limbah rumah tangga hingga lapangan pekerjaan, dengan menghasilkan karya terbaik dari sub sektor kriya.

Kota Banjarbaru dikenal memiliki aneka produk kriya, seperti kerajinan limbah rumah tangga, kerajinan anyaman, kerajinan dari bahan rajut dan lainnya. Dengan beragamnya produk kriya yang dihasilkan Kota Banjarbaru, Sandiaga berharap hal tersebut bisa membangkitkan ekonomi dan membuka peluang usaha di sana.

Sementara itu, Wakil Walikota Banjarbaru, Wartono mengungkapkan di Kota Banjarbaru tidak mempunya pariwisata alam yang dapat diunggulkan, sehingga banyak wisata buatan yang ada di Banjarbaru

“Hadirnya Pak Menteri di Banjarbaru bisa menjadi semangat terutama pelaku UMKM di Banjarbaru. Mudah-mudahan ini menjadi inspirasi dan semangat sebab Kota Banjarbaru menjadi unggulan pilot projek,” harapnya.(kanalkalimantan.com/ibnu)

Reporter : ibnu
Editor : cell


iklan

Disarankan Untuk Anda

<

Paling Banyak Dibaca

-->