Kadinkes Pulpis : Ajak Warga Jangan Lagi BAB di Sungai - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kabupaten Pulang Pisau

Kadinkes Pulpis : Ajak Warga Jangan Lagi BAB di Sungai

Diterbitkan

pada

Kadinkes Kabupaten Pulang Pisau dr Mulyanto Budhiharjo. Foto : sanjaya

PULANG PISAU, Kepala Dinas Kesehatan Pulang Pisau dr Mulyanto Budhiharjo mengakui sebagian masyarakat di bantaran sungai masih melakukan BAB alias buang air besar.

Jika kebiasaan tersebut tidak segera ditekan, menurut dr Mul -biasa disapa- dalam jangka panjang akan menimbulkan masalah baru, mengundang penyakit bagi masyarakat pinggiran sungai sendiri.

“Untuk itu menekan kebiasaan tersebut, kita terus berupaya mengenalkan program Open Defecation Free alias ODF. Dimana program tersebut kita ambil di wilayah hulu di daerah Kahayan Tengah seperti desa Penda Barania, Tanjung Sanggalang dan Bukit Rawi. Misi kita adalah mengajak masyarakat yang sebelumnya terbiasa buang air di sungai bisa BAB di darat menggunakan WC,” terang Kadinkes.

Dijelaskan dokter Mul, kebutuhan sanitasi kesehatan masyarakat sangatlah penting.Karena akan berdampak pada kesehatan warga itu sendiri. Apalagi menurutnya komponen peningkatan kebutuhan sanitasi merupakan upaya berjangka panjang untuk mendapatkan perubahan perilaku yang sehat dan bersih.

“Program ODF kalau berhasil, kita akan jadikan bagian program unggulan Dinkes Pulang Pisau. Konsepnya sederhana, kita turun ke lapangan memperhatikan prilaku masyarakat kemudian untuk pendanaan kita gandeng dana CSR dari perusahaan yang peduli akan lingkungan,” ujarnya.

Dinkes Pulang Pisau secara pelan-pelan mengajak masyarakat untuk bisa memindahkan kebiasaan BAB tidak lagi langsung ke sungai, tapi dengan membuat WC di darat. (sanjaya)

Reporter: Sanjayao
Editor: Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan