Jelang Kedatangan Jokowi ke HPS 2018, Kabut Asap Masih ‘Menghantui’ - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kota Banjarbaru

Jelang Kedatangan Jokowi ke HPS 2018, Kabut Asap Masih ‘Menghantui’

5.000 Kamar Hotel Sambut Para Tamu di HPS 2018

Bagikan berita ini!

Diterbitkan

pada

Kabut asap masih menjadi problem tak terpecahkan di Kalsel hingga saat ini. Foto : net

BANJARBARU, Jelang pelaksanaan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-38 pada 18-21 Oktober mendatang di Kabupaten Barito Kuala, antisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) serta kabut asap jadi prioritas Pemprov Kalsel. Pasalnya puncak peringatan HPS nanti, Presiden Joko Widodo dipastikan akan hadir.

Kebakaran hutan dan lahan di Kalsel sudah tercatat  3.587, 418 Ha yang terbakar dari 1 Januari hingga 5 Oktober kemarin. Alhasil kabut asap masih menyelimuti sejumlah wilayah di Kalsel.

Kepala BPBD Provinsi Kalsel Drs Wahyudin menjelaskan, memang Karhutla dan kabut asap menjadi prioritas pemerintah Kalsel saat ini mengingat kedatangan Presiden Joko Widodo. Ia mengatakan pihaknya sendiri telah menjalankan 2 program guna mengatasi permasalahan itu.

“Pertama pemadaman gabungan sebanyak 75 petugas dipusatkan di Guntung Damar. Kedua, Satgas Khusus bentukan TNI Polri khusus Karthulta Bandara Syamsudin Noor yang dipimpin Dandim Martapura dengan anggota lebih dari 100 orang. Dari pukul 1 sampai jam 5 bekerja di Guntung Damar dan sekitarnya,” ungkapnya kepada Kanal Kalimantan.

Sejumlah antisipasi difokuskan di Guntung Damar, Kota Banjarbaru yang merupakan lahan gambut. Pemadaman di Guntung Damar memang sudah dilakukan dalam 2 bulan terakhir, namun api di bawah tanah membuat petugas tidak bisa berbuat apapun. Alhasil petugas dibantu helikopter bombing hanya dapat melakukan pembasahan agar asap terkendali.

Selain kedatangan Presiden RI Joko Widodo, pada puncak HPS ke-38 nantinya 20 duta besar juga akan  datang dan melalukan penanaman pohon, serta 6 perwakilan organisasi internasional, dan melibatkan 50 ribu orang. Untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan HPS 2018, terutama pada transportasi dan akomodasi, Biro Umum Setdaprov Kalsel menyiapkan puluhan mobil dan 5.000 kamar untuk para tamu yang datang, dari luar provinsi maupun luar negeri.

Menurut Kepala Biro Umum Setdaprov Kalsel M Rusli, penyediaan transportasi dan akomodasi merupakan tugas utama dalam rangka menyukseskan penyelengaraan kegiatan HPS, 18-21 Oktober mendatang.

“Kami sudah menyiapkan puluhan mobil untuk mengakomodir tamu dari pusat maupun provinsi se Indonesia, termasuk tidak kurang 5.000 kamar hotel, baik bintang 1 hingga 4 yang tersebar di Kota Banjarmasin, Banjarbaru dan Kabupaten Banjar,” jelas Rusli. (rico)

Reporter : Rico
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan