Connect with us

HEADLINE

Jelang Imlek di Banjarmasin, Ganti Baju Patung Dewa hingga Pembersihan Altar Persembahyangan

Diterbitkan

pada

Persiapan menyambut Tahun Baru Imlek 2023 di Kelenteng Suci Nurani Banjarmasin. Foto: wanda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASINTahun Baru Imlek 2023 akan jatuh pada 22 Januari mendatang. Tempat ibadah umat Khonghucu kelenteng Suci Nurani Banjarmasin terlihat mulai berbenah.

Puluhan lampion tampak menghiasi pagar hingga atap kelenteng yang berada di Jalan Piere Tendean, Kelurahan Gadang, Kecamatan Banjarmasin Tengah.

Warna merah dan emas menyelimuti keseluruhan tempat ibadah umat Khonghucu itu.

Pantauan Kanalkalimantan.com di kelenteng Suci Nurani terlihat sejumlah pekerja membuat dan memasang pernak-pernik lampu lampion. Ada aktivitas pembersihan patung dewa hingga pembersihan beberapa tempat yang akan digunakan umat untuk beribadah atau sembahyang.



 

Baca juga  : Tampilkan “Modern Etnik” di Fashion Show Siswa SMKN 1 Amuntai

Aktivitas itu dilakukan umat secara sukarela datang membantu pengurus. Seperti halnya Ning Ning, turut membantu sebagai bentuk bakti serta menyambut Hari Raya Imlek.

“Sudah satu minggu kita adakan persiapan, kita bersih-bersih patung dewa, jadi baju-bajunya diganti kemudian kita memasang lampion yang banyak sesuai dengan permintaan umat,” ungkap Ning Ning saat ditemuai Kanalkalimantan.com, Selasa (17/1/2022) siang.

Ia membeberkan akan terjadi peningkatan umat Konghucu yang beribadah saat Imlek 2023 karena sudah tidak ada lagi pembatasan seperti tahun sebelumnya.

“Pastinya akan ramai seluruh umat dari berbagai daerah akan berkumpul untuk melakukan ibadah, karena di Kalsel sendiri kelenteng itu hanya ada tiga buah, yakni dua di Banjarmasin dan satu lagi di Kotabaru,” sebutnya.

Baca juga  : Menag Yaqut Launching Kampung Zakat Desa Sukamaju dan Penyaluran Zakat LAZIS Assalam Fil Alamin

Menurutnya, pada 21 Januari mendatang, sekitar pukul 23.00 Wita, jemaah akan silih berganti datang melakukan sembahyang dan kumpul-kumpul semacam simbol terima kasih.

“Tangga 21 ini akan ramai di kelenteng sampai jam 3 subuh kita buka, karena umat pada pukul 12 malam itu mereka sembahyang,” ungkapnya.

Selain beribadah, para jemaah menantikan akan mengadakan tradisi Cap Go Meh yang merupakan perayaan pada malam ke-15 dalam rangkaian perayaan Tahun Baru Imlek.

Perayaan itu nantinya akan terselenggara selam tiga hari yakni pada 4 hingga 6 Februari 2023 di Kelenteng Suci Nurani Banjarmasin. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : bie


iklan

Komentar

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->