Connect with us

HEADLINE

Jelang Hari Raya Haji, Segini Harga Sapi dan Kambing Kurban di Banjarbaru

Diterbitkan

pada

Hewan sapi kurban yang siap potong untuk Iduladha di kandang milik Masdarmaji. Foto: Dewi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Jelang Iduladha atau hari raya haji, sejumlah pedagang hewan kurban sudah terlihat ramai mempersiapkan hewan kurban siap dipotong.

Salah satunya Masdarmaji, penjual sapi dan kambing qurban, kelompok tani Lembu Selatan (LS) di jalan RO Ulin Loktabat Selatan, Kota Banjarbaru.

“Saya sudah jual hewan kurban ini sejak tahun 2009,” kata Masdarmaji dijumpai Kanalkalimantan.com, Minggu (20/6/2021) siang.

Hewan sapi kurban yang siap potong untuk Iduladha di kandang milik Masdarmaji. Foto: Dewi

 



 

Darmaji -biasa disapa- kepada Kanalkalimantan.com hewan kurban yang ia jual ada beragam, mulai dari jenis sapi bali, sapi limosin, sapi madura, sapi peranakan ongol (PO), sapi simental, hingga sapi brahman. Sedangkan kambing ada jenis kambing boer, kambing peranakan etawa (PE), kambing jawa, kambing garut dan kambing kacang.

Baca juga: Dianugerahi Gelar Astraprana Kesultanan Banjar, Ini Kata Tokoh Muda HSU Hendra Royadi

Masih kata Darmaji, mayoritas masyarakat di Banjarbaru dan sekitarnya banyak memilih jenis sapi bali karena harganya yang relatif terjangkau.

“Di masyarakat sapi bali yang banyak kita jual, sesuai budget warga,” sebut Darmaji.

Ada beragam harga yang ditawarkan, seekor sapi kurban, harga jenis sapi bali tersendiri mulai harga Rp 12.500.000 sampai Rp 25.000.000 itu variatif, yang banyak laku sekitar harga Rp 16.000.000, Rp 17.000.0000, Rp 18.000.000 sampai harga Rp 19.000.000.

Sementara untuk jenis sapi limosin dimulai pada harga Rp 305.000.000 sampai dengan harga Rp 705.000.000. “Untuk jenis sapi ini kita siapkan 2 ekor, karena pembelinya itu sangat jarang jadi kita stok dua saja. Nanti setelah laku baru kita tambah lagi,” ungkapnya.

Darmaji menambahkan untuk saat ini, sudah ada sekitar 45 pemesan sapi dari berbagai wilayah, paling jauh Banjarmasin. “Setiap pembelian di sini kita antar sampai tujuan, jadi untuk perawatan dan pengantaran itu tidak kita kenakan biaya,” ucap Darmaji.

Sekadar diketahui hewan kurban yang dijual didatangkan dari berbagai daerah, seperti jenis sapi bali, didatangkan langsung dari daerah Sulawesi NTT, dan NTB.

Hewan sapi kurban yang siap potong untuk Iduladha di kandang milik Masdarmaji. Foto: Dewi

“Kalau yang ada di sini peranakan dari sini, sama sapi yang ada dari Jawa khususnya Jawa Timur, Jawa Tengah,” terangnya.

Baca juga: PDIP Banjarbaru Ajak Pemuda Pahami Ide dan Pemikiran Sang Proklamator

Selain sapi kurban, kandang hewan milik Masdarmaji, juga menjual kambing siap untuk ibadah kurban. Jenis kambing peranakan etawa (PE) yang banyak diminati masyarakat. Kambing kurban yang dijual mulai dari Rp 2,5 juta sampai dengan harga Rp 10 juta.

Darmaji memastikan semua hewan kurban baik sapi maupun kambing sudah melalui perawatan yang maksimal di kandang miliknya. “Kalau untuk hewan kurban, sapi datang kita suntik terlebih dahulu. Kita lakukan perawatan, kita lakukan penggemukan selama 4 bulan awal kita suntik vitamin anti biotik, yang utama vitamin dan obat cacing. Anti biotik itu kita suntik kalau hewan ada demam atau gejala penyakit lainnya, hal itu dilakukan agar sapi dan kambing benar-benar layak untuk dijadikan hewan kurban,” ujarnya. (kanalkalimantan.com/dewi)

Reporter : dewi
Editor : bie


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->