Connect with us

Kabupaten Tanah Bumbu

Jajaran SKPD Tanbu Gelar Pembacaan Manaqib Abah Guru Sekumpul 

Diterbitkan

pada

SKPD Tanah Bumbu, mengikuti Majelis Lailatul Jum’at dan Pembacaan Manaqib Guru Sekumpul. Foto: ftr

KANALKALIMANTAN.COM, BATULICIN – Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Tanah Bumbu, mengikuti Majelis Lailatul Jum’at dan Pembacaan Manaqib Guru Sekumpul, bertempat di Masjid Darul Azhar, Jalan Batu Benawa, Desa Bersujud, Kecamatan Simpang Empat, Kamis (10/2/2022) malam.

Di samping memaknai kegiatan spiritual, Pemkab Tanbu menjadikan momen ini sebagai sarana memanjatkan doa bersama dan meningkatkan nilai ibadah. Sehingga apa yang menjadi upaya pemerintah daerah dalam membangun Bumi Bersujud mendapatkan pertolongan dan kemudahan dari Allah SWT.

Adapun, sebelum pembacaan manaqib kegiatan Majelis Lailatul Jumat diawali dengan serangkaian kegiatan seperti shalat Magrib dan doa bersama, zikir, shalat hajat secara berjamaah, pembacaan syair-syair maulid habsiy dan kemudian shalat Isya berjamaah.

 



SKPD Tanah Bumbu, mengikuti Majelis Lailatul Jum’at dan Pembacaan Manaqib Guru Sekumpul. Foto: ftr

Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar menyampaikan nasehat, akan energi positif yang bisa dirasakan dalam Majelis Lailatul Jum’at.

Baca juga: Beroperasi Tanpa Izin, Tiga Toko Modern Ditutup Pemkab Tanbu

“Alhamdulillah malam ini, seperti biasa di malam Jum’at kita merasakan kedahsyatan dan kebahagian karena kita bisa bersama-bersama bersilaturahmi melalui rangkaian kegiatan Majelis,” ucap Bupati Tanbu.

Terlebih menurut Bupati, malam Jum’at merupakan malam yang mulia bagi Umat Islam yang sejatinya harus dicintai, disayangi dan diperlakukan dengan sungguh-sungguh layaknya malam hari raya umat beragama islam.

“Kami yakin, kehadiran kita di malam-malam Jum’at seperti ini, Insya Allah akan membuat doa-doa dan apa yang menjadi cita-cita dan permohonan kita akan diijabah oleh Allah Swt,” katanya.

SKPD Tanah Bumbu, mengikuti Majelis Lailatul Jum’at dan Pembacaan Manaqib Guru Sekumpul. Foto: ftr

Sementara itu, Ketua MUI Tanbu KH Suhuful Amri dalam kesempatannya, membacakan manaqib tentang Abah Guru Sekumpul atau ulama besar yang bernama asli Muhammad Zaini bin Abdul Ghani al-Banjari.

Dijelaskan, KH Suhuful Amri bahwa Manaqib ini sendiri dapat diartikan sebagai biografi atau sejarah tentang seseorang.

Baca juga: Ini Capaian Vaksinasi di Banjarbaru, Lansia Masih Terendah

“Tentunya Manaqib, yang kita baca adalah seseorang yang baik menurut penelitian kita berdasarkan penggalian-penggalian sejarah yang tujuannya untuk kita teladani,” ucapnya.

Nampak beradir dalam kegiatan ini, Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar, Ketua MUI Tanbu KH Suhuful Amri, para alim ulama, tokoh agama, pejabat serta pegawai pemerintah di lingkup Pemkab Tanbu dan masyarakat dan tamu undangan. (kanalkalimantan.com/ftr)

Reporter: ftr
Editor: cell


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->