Connect with us

Kota Banjarmasin

Ini Alasan Klenteng Soetji Nurani Banjarmasin Tak Gelar Atraksi Barongsai

Diterbitkan

pada

Atraksi barongsai di Klenteng Soetji Nurani saat perayaan Imlek atau Cap Go Meh tahun 2023. Foto: dok.kanalkalimantan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Tahun Baru Imlek 2575 akan dirayakan seluruh umat Konghucu maupun masyarakat Tionghoa, Sabtu (10/2/2024).

Selain ritual sembahyang umat Tri Dharma  di klenteng, salah satu yang menjadi khas perayaan Imlek yaitu atraksi barongsai.

Di Banjarmasin misalnya, hampir setiap perayaan Tahun Baru Imlek Klenteng Soetji Nurani yang tertelan di Jalan Veteran Kecamatan Banjarmasin Tengah selalu menggelar atraksi barongsai.

Biasanya atraksi digelar malam hari saat perayaan Imlek atau Cap Go Meh yang berlokasi di halaman klenteng yang persis berada di bantaran Sungai Martapura itu.

Baca juga: Qoriah Asal Sungai Paring Wakili Indonesia ke MTQ Internasional di Teheran Iran

Namun, pada perayaan Imlek 2024, salah satu klenteng tertua dan terbesar di Banjarmasin itu dikabarkan tidak menggelar atraksi kesenian khas negeri Cina tersebut.

Peniadaan kegiatan atraksi barongsai di kawasan klenteng itu disampaikan langsung oleh Ketua pengurus Klenteng Soetji Nurani, Tiono Husien.

Menurutnya, perayaan Imlek 2024 di klenteng Soetji Nurani difokuskan pada penyediaan fasilitas sembahyang warga Tionghoa yang ada di Banjarmasin.

“Cap Go Meh tahun ini kemungkinan tak ada barongsai, kita cuma mengadakan acara sembahyang dan jamuan saja,” ujar Tiono Husien, Senin (5/2/2024).

Baca juga: Keluarga Santri Korban Pelecehan Seksual di Lingkungan Ponpes Minta ‘Predator Anak’ Dihukum

Salah satu yang menjadi pertimbangannya dikarenakan momen Imlek 2024 bertepatan dengan masuknya masa tenang Pemilu 2024 pada Minggu (11/2/2024).

Sebab, seperti pada tahun-tahun sebelumnya,  atraksi barongsai satu pryan Cap Go Meh di Klenteng Soetji Nurani akan mengumpulkan banyak orang.

“Kita tahun ini ikut masa tenang Pemilu, jadi tidak ad atraksi barongsai karena kita juga menjaga situasi kondisi,” katanya.

Maski demikian, Klenteng Soetji Nurani kata Tiono siap menyambut dan menampung jemaah yang hendak melaksanakan sembahyang.

“Kapanpun mereka datang mau sembahyang kita siap fasilitasi,” pungkasnya. (Kanalkalimantan.com/rizki)

Reporter : rizki
Editor : bie

Please follow and like us:
Pin Share

iklan

Komentar

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->
RSS
Follow by Email