Connect with us

HEADLINE

IDI: Indonesia Sudah Lewati Krisis Pandemi Covid

Diterbitkan

pada

Ilustrasi Covid-19. Foto: CDC from Pexels

KANALKALIMANTAN.COM – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyebut, situasi pandemi di tanah air sudah melewati masa krisis dan memasuki masa pemulihan.

Ketua Terpilih Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) M Adib Khumaidi mengatakan, kondisi bisa kembali krisis jika protokol kesehatan dan vaksinasi menurun.

“Kita sekarang sudah masuk dalam adaptive recovery, kita sudah keluar dari krisis, mudah-mudahan tidak kembali ke krisis, sehingga yang harus kita siapkan adalah adaptive recovery dn resiliency sistem kesehatan,” kata Adib dalam Sarasehan Nasional ILUNI FKUI, Sabtu (11/12/2021).

Adib memperkirakan pandemi Covid-19 di Indonesia akan menjadi endemi jika tidak terjadi gelombang ketiga pasca libur Natal dan Tahun Baru mendatang.



 

 

Baca juga: Warga Bersama Wali Kota Bersihkan Drainase Tersumbat

“Nanti pelan-pelan juga kalau di bulan Januari tidak ada peningkatan kasus kita masuk dalam kondisi new normal,” ucapnya.

Meski begitu, Adib meminta rumah sakit dan tenaga kesehatan tetap bersiap menghadapi potensi munculnya lonjakan kasus lagi.

“Kita harus punya strategi yang bisa kita eskalasi dalam kondisi pandemi, agar fasilitas kesehatan kita bisa tertangani dengan baik, tidak ada pasien menumpuk dan tidak ada disaster di UGD,” tuturnya.

Diketahui, pandemi Covid-19 telah menginfeksi 4.258.980 orang Indonesia, masih terdapat 5.186 kasus aktif, 4.109.865 orang sudah dinyatakan sembuh, dan 143.929 jiwa meninggal dunia.

Baca juga: Jam Belajar Ditambah, Tersisa 8 Sekolah Dasar Belum Gelar PTM di Banjarbaru

Pemerintah telah menyuntikkan 146,270,504 dosis (70.23 persen) vaksin pertama dan 102,759,772 dosis (49.34 persen) vaksin kedua kepada masyarakat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Sementara total sasaran vaksin adalah 208.265.720 atau 70 persen warga Indonesia yang ditargetkan Presiden Joko Widodo harus selesai dalam waktu satu tahun untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity. (Suara.com)

Editor : kk


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->