Connect with us

Kabupaten Banjar

Ide Kreatif Anak Majelis Gang Sedulur Martapura, Hias Jalan dan Gapura dengan Kaligrafi

Diterbitkan

pada

Kaligrafi menghiasi Gang Sedulur RT 26 RW 09, Kelurahan Keraton, Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar. Foto: wanda

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Ada yang menarik menjelang HUT ke-77 Republik Indonesia (RI) kali ini di Gang Sedulur RT 26 RW 09, Kelurahan Keraton, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar.

Tak hanya dekorasi berwarna merah putih saja yang terlihat jika kita menyusuri kawasan jalan dan gang tersebut. Goresan tulisan dan serta cat menjadi pembentuk karya yang spektakuler, yakni lazimnya disebut kaligrafi juga ditampilkan.

Warga Gang Sadulur yang tergabung dalam Majelis Nurul Hidayah menunjukkan keahlian mereka menggores tulisan sholawat Nabi Muhammad SAW pada dinding gang yang dipadu padankan bersama lukisan merah putih khas kemerdekaan.

Hal tersebut diutarakan Ketua RT Gang Sadulur, Hidayat. Lukisan khas kemerdekaan dipadu padankan dengan kaligrafi tersebut merupakan inisiatif anggota majelis bersama warga yang antusias menghiasi kawasan gang menyambut Hari Kemerdekaan RI.



 

Baca juga: Badan Pangan Dunia Bangga Indonesia Capai Swasembada Beras 3 Tahun Berturut-turut

“Alhamdulillah semangat anggota majelis yang rata-rata usia belasan tahun setiap malam mereka bergotong-royong bersama dengan warga untuk menghias dinding dan gapura,” ungkap Ketua RT 26 di Gang Sedulur, Kelurahan Keraton, Martapura, Hidayat saat ditemui kanalkalimantan.com, Selasa (16/8/2022).

Dikatakan Hidayat, anak-anak yang tergabung dalam majelis dibantu warga menghiasi dinding gang dan gapura dalam kurun waktu satu minggu, dan dikerjakan setiap malam hari.

“Karena siang mereka juga banyak kegiatan, alhasil mereka kerjakan setiap malam bersama dengan warga,” sambungnya.

Tinggi menjulang gapura yang berwarna merah putih ini pun sudah terlihat dari kejauhan. Hal itu, kata Hidayat, juga dalam rangka memeriahkan lomba menghias gapura oleh Nippon Paint secara nasional.

“Pada tahun-tahun sebelumnya kami juga pernah mengikuti lomba yang sama diselenggarakan oleh Extrajoss dan Alhamdulillah mendapat juara 2. Yang tahun ini kita sudah kirimkan video kegiatannya ke Nippon Paint untuk dinilai,” ungkapnya.

Dirinya mengungkapkan antusias dan kerja keras warga untuk menghias gapura dan jalanan gang dilakukan tak hanya sekadar untuk memperebutkan juara, namun juga sebagai sarana bagi anak-anak untuk terus mengerjakan kegiatan-kegiatan yang positif.

Anak-anak dari Majelis Nurul Hidayah sendiri, ujar Hidayat, rata-rata anak muda berumur belasan yang dulunya hidup di jalanan. Kemudian digabungkan ke dalam anggota majelis dan melakukan pengajian setiap kamis malam.

Baca juga: KPK Geledah Kantor PT Batulicin Enam Sembilan, Terkait Kasus Mardani Maming

“Ya bersyukur sekali dengan adanya kegiatan ini mendukung mereka dalam melakukan kegiatan yang positif. Karena pada awalnya mereka itu rata-rata anak punk, dari pada melakukan hal yang tidak benar kita coba dukung untuk terus melakukan hal-hal positif,” ujarnya.

Menurutnya HUT ke-77 Kemerdekaan RI kali ini dilaksanakan lebih meriah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang masih pandemi Covid-19.

Dirinya berharap semarak kemerdekaan akan terus dibangkitkan oleh anak-anak muda, terutama di Indonesia pasca adanya pandemi Covid-19. Tak hanya anak-anak muda yang ada di gang, juga seluruh anak muda Indonesia. (kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter: wanda
Editor: cell


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->