Gelar Welcome Dinner, 20 Duta Besar Dubes Kagumi Kota Banjarbaru - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kota Banjarbaru

Gelar Welcome Dinner, 20 Duta Besar Dubes Kagumi Kota Banjarbaru

Diterbitkan

pada

Gala Dinner yang dilakukan menyambut para dubes yang hadir di acara HPS Foto : rico

BANJARBARU, Apresiasi disampaikan Kepala Biro Kerjasama Luar Negeri Kementerian RI Ir Mesah Tarigan MSc terhadap Pemko Banjarbaru saat menyambut kedatangan 20 duta besar dalam rangka pagelaran Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-38 tahun 2018 di acara Welcome Dinner yang diadakan dalam konsep outdoor di Lapangan Dr Murjani Banjarbaru, Selasa (16/10) malam.

Hadir Walikota H Nadjmi Adhani didampingi Wakil Walikota H Darmawan Jaya Setiawan dan Sekdako Drs H Said Abdullah Msi, bersama Kepala Biro Kerjasama Luar Negeri Kementerian RI Ir Mesah Tarigan MSc, Wagub H Rudy Resnawan, Sekdaprov Abdul Haris Makkie dan rombongan delegasi peserta World Food Day Indonesia 2018 dan tamu undangan.

Dalam sambutannya, Walikota Nadjmi Adhani memaparkan Banjarbaru sebagai pintu gerbang Kalsel dengan adanya Bandara Udara Internasional Syamsuddin Noor. Kondisi ini berimbas pada tumbuh dan berkembangnya kota dengan sangat pesat. Letak strategis inilah yang menjadikan investasi di kota ini juga tumbuh dalam berbagai sektor.

Nadjmi menyampaikan, secara umum pertumbuhan Banjarbaru terus meningkat dan terus berada pada level di atas rata-rata Provinsi Kalsel. Pada tahun 2016 bahkan mencapai 6,95%.

“Perekonomian yang tidak mengandalkan sektor pertambangan menjadikan masyarakatnya kreatif dan inovatif berusaha pada sektor barang dan jasa,” kata Nadjmi.

Saat ini, Banjarbaru juga merupakan 10 kawasan perkotaan baru di Indonesia yang tercantum dalam RJMN 2014-2019.  “Dalam kegiatan pengembangan kota baru di Kota Banjarbaru, kita bersama-sama telah menetapkan kawasan yang telah didelineasi dalam konsep “Aero City”, dimana kawasan tersebut memanfaatkan keberadaan bandara sebagai daya ungkit pertumbuhan wilayah. Luas kawasan yang akan direncanakan adalah ± 5.620,08 (lima ribu enam ratus dua puluh koma nol delapan) hektare, dengan fokus pengembangan sebagai pusat permukiman baru yang layak huni dan didukung oleh fasilitas ekonomi dan sosial budaya lengkap,” terangnya.

Dari berbagai paparan yang disampaikan Walikota, Kepala Biro Kerjasama Luar Negeri Kementerian RI Ir Mesah Tarigan MSc dalam sambutannya menyampaikan bahwa dirinya sangat bangga dengan Walikota Banjarbaru. Sudah empat kali Mesah Tarigan melaksanakan diplomatik tour dalam rangka Hari Pangan Sedunia, tapi pada hari ini adalah penyambutan yang paling luar biasa.

“Perwakilan dari negeri sahabat, tadi disamping kanan saya adalah Duta Besar Panama, di sampingnya lagi Duta Besar Argentina, mereka berdua mengatakan ini adalah yang paling hebat yang pernah mereka hadiri, selama pelaksanaan Hari Pangan Sedunia,” ucapnya.

Kehadiran Duta Besar di acara diplomatik tour ini adalah yang paling besar jumlahya. Ada 20 Duta Besar dan Diplomat beserta istri dengan jumlah empat puluh Duta Besar dan jumlah yang paling besar. Mesah Tarigan  dan rombongan delegasi merasa sangat senang, sebelum Walikota Banjarbaru berpidato atau sambutan ada teks berbahasa Inggris yang sudah disampaikan oleh staf Pemerintah Kota Banjarbaru kedapa seluruh Duta Besar yang hadir ini dan mereka ikuti dengan teliti.

Disisi lain, Duta Besar Panama  menyampaikan dia sangat tertarik terhadap Geowisata Kota Banjarbaru  dengan menyampaikan “ see you to resume”. Pemerintah Provinsi Kalimatan Selatan menyiapkan acara bagi kota Banjarbaru di tempat promosi hasil hutan dan disitu mereka akan membawa para pengerajin cincin.

Mesah Tarigan mengharapkan ada investasi yang mengalir ke tempat ini dan dari Biro Kerja Sama Luar Negeri dan Kementrian Luar Negeri akan memfasilitasi kerja sama yang baik dengan Pemprov Kalsel dan Pemko Banjarbaru. “Doa kami supaya Kota Banjarbaru ini tetap memiliki prestasi yang paling maju, yang paling tinggi pertumbuhan ekonomi nya dan bisa mensejahterakan  seluruh rakyat nya,” pungkasnya.(rico)

Reporter : Rico
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan