Connect with us

Kota Banjarmasin

GEGER. Seekor Buaya Masuk Permukiman Warga Desa Handil Palung Banjarmasin

Diterbitkan

pada

Ilustrasi buaya masuk permukiman. Foto : wanda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Seekor buaya kembali muncul menggegerkan warga saat ingin beraktivitas di kawasan sungai Basirih Dalam, Desa Handil Palung, Kecamatan Banjarmasin Selatan. Kemunculan buaya itu, dilihat secara tiba-tiba oleh sejumlah warga RT 26 kemudian menghilang.

Kejadian ini membuat Ketua RT setempat, Hanifah memberikan peringatan kepada warganya agar berhati-hati saat ingin pergi ke sungai. Juga diminta mengurangi aktivitas di lingkungan sungai jika tak perlu.

“Bersama warga sudah dihimbau agar ana-anak kita larang untuk mandi-mandi di sungai, soalnya dari kesaksian dua orang warga mengatakan panjang buaya sekitar 3 meter,” ujar Hanifah? Ketua RT 26 di Desa Handil Palung, kepada media Kamis (22/9/2022).

Hanifah pun telah melaporkan kejadian tersebut ke pihak Kelurahan setempat. Namun hingga saat ini, belum ada upaya apapun yang ditindaklanjuti untuk hal tersebut.



 

Kawasan sungai Basirih Dalam, Desa Handil Palung, Kecamatan Banjarmasin Selatan, yang digegerkan kemunculan seekor buaya saat ini belum tertangkap.
Foto: wanda

Baca juga : Rebutan Lelaki, 5 Perempuan Pengeroyok Ditahan Polisi

“Mereka minta bukti video jika penampakan buaya terlihat lagi. Sejauh ini belum ada tindakan, tetapi kami minta sesegera mungkin buayanya bisa segera di evakuasi agar tidak meresahkan warga lagi untuk beraktivitas di sungai,” tambahnya.

Selain itu, ia dirinya mengaku kurang mengetahui dari mana buaya tersebut berasal.

“Kita kurang tahu itu buaya asal dari mana, namun dari Desa Tatah Bangkal ada kabar. Mungkin saja, karena satu aliran sungai,” jelas Hanifah.

Sementara itu salah seorang warga, Diah (55) mengaku takut beraktivitas di sungai itu dan berharap pihak dapat segera menemukan keberadaan buaya tersebut agar bisa kembali beraktivitas.

 

Baca juga : Silaturahmi Kanalkalimantan.com ke Diskominfo SP Tanbu, Komitmen Sinergi untuk Pembangunan Daerah

“Awalnya warga mau aktivitas di sungai, tiba-tiba melihat buaya yang muncul. Kondisinya siang, munculnya di air satu ekor. Saat itu kondisi air sedang surut,” kata Diah saat ditemui, Kamis (22/9/2022).

Saat dikonfirmasi, salah seorang Tim Animal Rescue BPBD Kota Banjarmasin, Andy mengaku telah mengetahui kabar tersebut dan akan segera menindaklanjuti jika buaya tersebut muncul kembali.

“Laporan sudah masuk, kami masih menunggu informasi lebih lanjut jika buaya tersebut muncul kembali,” tegasnya. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : cell


iklan

Komentar

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->