Dishub Banjar Peroleh Sertifikat Akreditasi UPT Pengujian Kendaraan Bermotor - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kabupaten Banjar

Dishub Banjar Peroleh Sertifikat Akreditasi UPT Pengujian Kendaraan Bermotor

Diterbitkan

pada

Bupati Banjar menyerahkan sertifikasi akreditasi UPT Dinas Perhubungan Foto : rendy

MARTAPURA, Bupati Banjar KH Khalilurrahman menyerahkan Sertifikat Akreditasi Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Pengujian Kendaraan Bermotor yang diperoleh oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar dari Kementrian Perhubungan RI. Penyerahan dilaksanakan saat apel gabungan yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Banjar di halaman kantor Pemkab Banjar, Senin (5/11).

Menurut Bupati Banjar KH Khalilurrahman, dengan adanya sertifikat ini diharapkan dapat melayani masyarakat agar bisa lebih baik lagi. Terutama SKPD juga harus mencontohkan yang baik bagi masyarakat teruta Kabupaten Banjar.

“Alhamdulillah kita dapat penghargaan Sertifikat Akreditasi UPT Pengujian Kendaraan Bermotor yang diperoleh oleh Dinas Perhubungan Banjar dari Kementrian Perhubungan RI. Semoga dapat melayani masyarakat lebih baik lagi, terutama SKPDnya dalam berlalu lintas semoga dapat memberikan contoh yang baik,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar Aidil Basith mengatakan, dirinya sangat bersukur dengan didapatkannya sertifikat ini, kengingat tidak semua Kabupaten/Kota yang lain mendapatkan sertifikasi, karena pengawasan dan syarat yang diwajibkan banyak dan khusus.

“Kita sudah lulus Sertifikasi ini, hingga masa berlaku 20 tahun, artinya kontrol pengujian selalu datang dari pusat pertahun ketempat kami, dan tentunya pelayanan terhadap masyarakat diharapkan lebih baik lagi,” ujarnya.

Menurut Basith, dalam rangka memenuhi standar pelayanan kendaraan bermotor kepada masyarakat, Dishub Banjar menyediakan Uji Kendaraan Bermotor yang ada di Kantor UPT Banjar Km 17, Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar. Adapun beberapa unit alat pengujian kendaraan yang dimiliki oleh UPT Banjar yang yaitu Join Play Detector adalah alat uji pengecekan kaki kendaraan tierood, COHC Tester adalah pengujian emisi kendaraan berbahan bakar bensin.

Lalu ada Diesel Smoke Tester adalah uji emisi kendaraan berbahan bakar solar, head Light tester adalah uji kekuatan lampu pancar utama, break tester adalah pengujian rem, Speedo meter tester adalah alat ukur kecepatan kendaraan, dan sound level tester adalah alat ukur kebisingan kendaraan.

“Syarat untuk mendapatkan sertifikasi ini tidaklah mudah, sangat banyak sekali, dari pusat kemaren, tidak hanya pengecekan sebatas alat saja, namun yang tukang uji dari kita juga persiapkan 8 orang dan mempunyai kemampuan khusus juga, tanpa dua hal itu sertifikasi tidak akan terbit,” akunya. (rendy).

Reporter : Rendy
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan