Dirikan Posko Siaga Karhutla, BPBD Banjarbaru Siap ‘Tempur’ - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kota Banjarbaru

Dirikan Posko Siaga Karhutla, BPBD Banjarbaru Siap ‘Tempur’

Diterbitkan

pada

Posko Siaga untuk mengatasi Karhutla yang didirikan BPBD Banjarbaru. Foto : rico

BANJARBARU, Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Kota Banjarbaru semakin hari semakin sering terjadi. Terakhir, di wilayah Guntung Damar kebakaran lahan hampir setiap hari terjadi. Menyiasati hal tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarbaru mendirikan Posko Siaga untuk mengatasi Karhutla, Selasa (27/8)

“Posko siaga Karhutla BPBD Kota Banjarbaru sudah mulai aktif. Tempatnya depan komplek Wengga Kuda jalan Trikora,” ucap Plt Pelaksana Harian BPBD Kota Banjarbaru Ahmad Syarief Nizami, kepada Kanal Kalimantan.

Adapun personil yang dilibatkan mengisi Posko siaga Karhutla tersebut diantaranya 10 anggota BPBD Kota Banjarbaru, 4 anggota TNI, 4 anggota Polres Banjarbaru dan 4 anggota Damkar Kota Banjarbaru.

“Semoga dengan sinergitas yang solid akan mampu mengatasi semua masalah Karhutla di Kota Banjarbaru dan bencana lainnya,” katanya.

Perlu diketahui hingga saat ini titik api terbanyak yang terjadi di Kota Banjarbaru yaitu di wilayah Guntung Damar. BPBD Kota Banjarbaru telah mencover sekitar kurang lebih 190 hektare dari awal Agustus hingga 23 Agustus lalu. Sementara pihak BPBD Provinsi Kalsel mencatat ada sekitar 150 hektare yang sudah berhasil dipadamkan.

Selain pembangunan Posko siaga, pada hari Minggu (26/8) telah didatangkan helikopter water bombing untuk menggempur titik api di Guntung Damar.

Ahmad Syarief Nizami menjelaskan, pihak BPBD Banjarbaru siap menjaga dan memadamkan titik api jika muncul.

“Para personil di Posko stand by dan langsung bergerak apabila terjadi Karhutla di wilayah Banjarbaru,” pungkasnya. (rico)

Reporter : Rico
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan